Trudeau bahas isu tahanan Kanada di Mesir bersama Presiden Sisi

Trudeau bahas  isu tahanan Kanada di Mesir bersama Presiden Sisi

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau saat menghadiri konferensi pers, di Ottawa, Ontario, Kanada, Rabu (8/1/2020). ANTARA/REUTERS/Blair Gable/pri.

Addis Ababa (ANTARA) - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pada Minggu bahwa dia mengangkat kasus orang-orang Kanada yang sedang dipenjara di Mesir bersama Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi.

"Kami selalu berdiri membela rakyat Kanada yang mengalami kesulitan di seluruh dunia," kata Trudeau dalam taklimat pers di Addis Ababa, Ethiopia, tempat dia sedang menghadiri pertemuan puncak Uni Afrika.

"Ya saya mengemukakan kasus-kasus konsuler di Mesir bersama Presiden al-Sisi," tambahnya.

Insinyur Kanada Yasser Albaz ditahan di bandara Kairo oleh otoritas Mesir sekitar setahun silam menjelang akhir perjalanan bisnisnya. Dia belum didakwa dan keluarganya sebelumnya berbicara kepada media Kanada. Sang keluarga prihatin atas keselamatannya.

Keluarga itu mengatakan tahun lalu bahwa paspor Albaz ditahan ketika dia berusaha masuk ke kabin pesawat yang akan terbang ke Kanada dan seorang pejabat Mesir mengatakan kepadanya bahwa namanya telah ditandai untuk penyelidikan

Mesir menghadapi kecaman karena catatan hak asasi manusianya, khususnya setelah penangkapan masal tahun lalu yang terjadi setelah protes langka terhadap Sisi di Kairo dan kota-kota lain pada akhir September.

Reuters
Baca juga: Mesir bebaskan dua warga Kanada yang ditahan
Baca juga: Kanada menutup kedutaan di Mesir
Baca juga: Mesir larang masuk 61 warga Syiah Kanada

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar