Natalie Portman pakai jubah protes di Oscar 2020

Natalie Portman pakai jubah protes di Oscar 2020

Aktris Natalie Portman di Oscars 2020 di Hollywood, Los Angeles, California, AS (9/2/2020). REUTERS/Eric Gaillard (Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Aktris Natalie Portman melakukan aksi protes di ajang Oscar dengan mengenakan jubah Dior yang berhiaskan nama-nama sutradara wanita yang tak disertakan dalam nominasi Academy Awards ke-92.

Nama-nama yang disematkan dalam jubah berwarna hitam dengan benang emas itu adalah Lorene Scafaria (“Hustlers”), Lulu Wang (“The Farewell”), Greta Gerwig (“Little Women”), Marielle Heller (“A Beautiful Day in the Neighborhood”), Melina Matsoukas (“Queen & Slim”), Alma Har’el (“Honey Boy”), Céline Sciamma (“Portrait of a Lady on Fire”) dan Mati Diop (“Atlantics”).

Variety menulis Academy of Motion Picture Arts and Sciences mendapat banyak kritikan karena dianggap gagal memasukkan nama sutradara wanita dalam nominasi tahun ini.

Sayangnya hal ini bukan baru pertama kalinya terjadi. Sepanjang sejarah Oscars, hanya lima wanita yang pernah dinominasikan sebagai sutradara terbaik dan hanya satu yang pernah menang yakni Kathryn Bigelow untuk film “The Hurt Locker”. Hanya satu nomine film terbaik besutan sutradara wanita yakni “Little Women" arahan Gerwig yang tembus Oscar tahun ini.

Kelalaian tersebut bahkan telah melahirkan kampanye iklan khusus oleh organisasi nirlaba Give Her a Break, yang akan menampilkan streaming langsung dari Oscar yang akan beralih ke iklan untuk film yang diarahkan perempuan selama jeda iklan.

Har’el, salah satu nama yang ditampilkan pada jubah Portman, termasuk di antara mereka yang mencuit tentang kampanye tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Portman protes atas tiadanya nama sutradara wanita. Saat mempersembahkan penghargaan sutradara terbaik di Golden Globes 2018, sang aktris menyindir “dan sekarang, inilah semua nominasi pria” sebelum mengumumkan nama-nama tersebut.

Selain mengecam sutradara wanita, Oscar juga mendapat kecaman karena kurangnya keragaman di antara calon nominasi. Cynthia Erivo, untuk "Harriet," adalah satu-satunya aktor warna yang dinominasikan dalam kategori akting.

Baca juga: Natalie Portman kembali ke film Marvel sebagai Thor

Baca juga: Natalie Portman tolak acara di Israel karena tak suka penindasan di Gaza

Baca juga: Natalie Portman dan Scarlett Johansson ikut demo anti Donald Trump

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar