Indonesia terus berinvestasi di bidang infrastruktur transportasi dan AS berdiri bersama anda,
Medan (ANTARA) - Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyampaikan komitmen dan dukungan terhadap pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia karena hal itu dinilai sangat positif dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Konsul AS untuk Sumatera, Guy Margalith di Medan, Senin, mengatakan, sebagai bagian dukungan pemerintah AS untuk pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia, pihaknya menggelar seminar dengan menghadirkan perwakilan sejumlah lembaga yang berkaitan dengan transportasi.

Para pembicara dari Departemen Transportasi dan Departemen Keuangan AS, serta dari perwakilan pemerintah Indonesia berbagi praktik terbaik dalam memastikan transparansi, akuntabilitas serta tata kelola yang baik dalam proyek.

Bagaimana menyelesaikan proyek infrastruktur yang diperlukan guna memperluas akses untuk sistem transportasi yang aman, bisa diandalkan serta memadai.

Serta yang tidak kalah penting adalah bagaimana mengembangkan infrastruktur yang mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

"Indonesia terus berinvestasi di bidang infrastruktur transportasi dan AS berdiri bersama anda dalam perjalanan membangun infrastruktur yang transparan serta layak pembiayaan untuk seluruh masyarakat Indonesia," jelasnya.

Perusahaan-perusahaan AS telah berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia dan memiliki kapasitas untuk mendukung proyek-proyek prioritas Indonesia guna memastikan bahwa proyek-proyek tersebut aman secara fisik dan berkesinambungan secara financial, berkesinambungan secara ekonomis serta memiliki tanggung jawab sosial.

Sebagai contoh, perusahaan-perusahaan AS terus menunjukkan ketertarikan untuk terlibat dalam proyek-proyek terkait jalan tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan provinsi-provinsi di Sumatera. Meningkatkan konektivitas antar provinsi serta mengurangi biaya logistik.

"Melalui hal ini dan Blue Dot network yang menunjukkan kepada khalayak bahwa proyek-proyek ini berkelanjutan dan tidak eksploitatif. Kami sangat menantikan membantu Sumatera untuk mencapai potensi pertumbuhan yang maksimal," terangnya.
 

Pewarta: Juraidi
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2020