Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo mengatakan kaum muda harus mampu menghadapi tantangan globalisasi dan ideologi di luar Pancasila.

"Karena kaum muda adalah pemimpin masa depan dan akan melestarikan keberlangsungan NKRI," kata Hadi Prabowo di kegiatan Talkshow bertajuk Nasional Is Me, Kemendagri Goes to Campus, di Kampus II Universitas Krida Wacana, Jakarta Barat, Senin.

Baca juga: Presiden: Terorisme dan radikalisme masih menjadi tantangan serius

Baca juga: Jokowi ingin Yudian Wahyudi percepat pembumian Pancasila ke milenial

Baca juga: Intoleransi di masyarakat, BPIP: Mari kembali ke akal sehat


Hadi memberikan motivasi lewat kegiatan bertajuk Nasional Is Me itu agar menjadi bekal bagi kaum milenial untuk menghadapi era globalisasi dan tantangan global yang semakin dinamis.

Cara membentengi diri dari ideologi asing tentunya dengan membumikan dan mengimplementasikan Pancasila di kehidupan sehari-hari.

Sebagai ideologi bangsa menurut dia, Pancasila dimaknai sebagai kepribadian bangsa yang tercermin dari setiap sila maupun butir-butir yang terkandung di dalamnya.

"Pancasila juga sebagai sumber dari segala hukum dan sebagai landasan dalam perumusan kebijakan maupun hukum di Indonesia," ucapnya.

Baca juga: Presiden akan bangun terowongan bawah tanah dari Istiqlal ke Katedral

Baca juga: Kardinal Suharyo tekankan persahabatan untuk lawan arus kebencian


Selain soal ideologi, tentunya Pancasila, kata Hadi Prabowo, juga bisa menjadi modal sosial sebagai perekat kesatuan bangsa karena mempunyai kekuatan integratif.

Kemendagri menggelar kegiatan Kemendagri Goes To Campus Nasional Is Me di berbagai kampus di Jabodetabek hingga akhir Tahun 2020 untuk membumikan Pancasila pada kaum milenial.

Upaya untuk membumikan Pancasila dalam Talkshow Nasional Is Me bagi kaum milenial itu diharapkan agar generasi muda dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020