10,7 juta wisatawan kunjungi Lampung pada 2019

10,7 juta wisatawan kunjungi Lampung pada 2019

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Antara Lampung/HO)

Dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung terus meningkat. ....
Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 10,73 juta wisatawan baik lokal maupun mancanegara mengunjungi Provinsi Lampung pada 2019.

"Dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung terus meningkat. Pada 2019 kunjungan wisatawan Nusantara dan mancanegara mencapai 10 juta lebih wisatawan," kata Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim di Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan, pariwisata menjadi salah satu sektor prioritas selain sektor pertanian dan industri.

Bahkan, lanjut dia, sektor pertanian didorong menjadi agrowisata. Terlebih transportasi di Provinsi Lampung semakin lancar dengan adanya bandara internasional, Jalan Tol Trans Sumatera, dan dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni.

Baca juga: Luhut jelaskan langkah antisipasi dampak corona terhadap pariwisata

Menurut dia, perkembangan pariwisata ini menjadi peluang dan tantangan bagi Lampung untuk bisa menjawab dengan kegiatan positif yang membawa efek positif bagi masyarakat.

Wagub Chusnunia menilai sektor pariwisata menjadi sektor yang membawa efek domino positif bagi sektor lainnya.

"Peningkatan sektor pariwisata akan berdampak positif bagi sektor lain seperti peningkatan perekonomian masyarakat," jelasnya.

Pada bagian lain, Wagub menyoroti pembangunan fisik yang harus diimbangi dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Kalau bicara infrastruktur, ketertiban dan keamanan, selalu ada jawaban dengan memaksimalkan pembangunannya. Lampung tidak cukup membangun dengan fisik saja, tetapi juga harus membangun SDM dan peluang ekonomi, termasuk pariwisata," jelasnya.

Menurut dia,  dalam membangun wisata dibutuhkan kreativitas, kejelian, dan semangat, yang harus dimiliki SDM wisatanya.

Nunik menjelaskan, saat ini dalam membangun SDM, Pemprov Lampung bersama Kementerian Tenaga Kerja akan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di Pesisir Barat dalam rangka peningkatan SDM wisata.

"Untuk saat ini bicara wisata internasional itu ada di Krui, Pesisir Barat, jadi akan dibangun di sana terlebih dahulu, dan akan dilakukan peninjauan," jelasnya.

Baca juga: Pemerintah berencana beri diskon tarif penerbangan domestik

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Edarwan menjelaskan bahwa pihaknya telah meluncurkan kalender pariwisata Lampung 2020.

Hal tersebut, lanjut dia, dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata ke Lampung dengan melaksanakan event-event yang menarik bagi wisatawan Nusantara dan mancanegara pada 2020, sekaligus bertujuan untuk mendukung program Lampung kaya festival.

Peluncuran Kalender Pariwisata Lampung 2020, lanjut dia, merupakan kegiatan yang memuat rangkaian event pariwisata yang dilaksanakan oleh Provinsi Lampung dan 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung dengan 86 event pariwisata yang akan dilaksanakan di daerah setempat.
Baca juga: Jateng gaet wisatawan Timur Tengah antisipasi dampak corona

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kunjungan wisatawan ke Nusa Penida turun 90 persen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar