Sekarang ini kita dipengaruhi oleh generasi muda yang diharapkan akan lebih kreatif, inovatif dan mampu terkoneksi dengan teknologi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengajak milenial (generasi muda) ikut membumikan Pancasila dengan cara mereka sendiri yaitu memanfaatkan informasi dan teknologi.

"Sekarang ini kita dipengaruhi oleh generasi muda yang diharapkan akan lebih kreatif, inovatif dan mampu terkoneksi dengan teknologi," kata Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo, di Jakarta, Senin.

Melalui kegiatan gerakan "Nasional Is Me, Kemendagri Goes To Campus 2020" Hadi meminta agar para mahasiswa ikut mewujudkan cita-cita bangsa termasuk membumikan Pancasila di tengah tantangan zaman yang demikian kompleks melalui berbagai inovasi.

Baca juga: Pelajar diajak implementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

"Mengupayakan aplikasi-aplikasi digital yang dapat mensosialisasikan ideologi bangsa, (yakni) Pancasila," kata dia.

Menurut Hadi, setiap warga negara mestinya memahami esensi dari ideologi Negara Indonesia melalui pemikiran dan pemahaman utama Pancasila, kemudian ikut membumikannya.

"Pandangan hidup bangsa ini tentu harus berlandaskan Pancasila. Bahasa sederhananya, Pancasila ialah rumah kita," ucapnya

Baca juga: Akademisi ingatkan pentingnya program penguatan ideologi Pancasila

Hadi mengatakan, upaya membumikan tersebut dimulai Kemendagri dengan menggelar kegiatan Kemendagri Goes To Campus 'Nasional Is Me' di berbagai kampus di Jabodetabek hingga akhir 2020.

Melalui kegiatan Nasional Is Me itu, Hadi berharap akan terjadi sharing atau transfer pemahaman tentang Pancasila secara komprehensif di kalangan milenial, kemudian menjalar luas ke masyarakat.

"Kami semua yakin dan percaya bahwa (acara ini merupakan) upaya yang nyata dalam kerangka membangun kesadaran dan membangkitkan semangat atas kecintaan tanah air dan terhadap pemahaman ideologi bangsa yakni Pancasila, tidak akan sia-sia," ujarnya.

Baca juga: Kaum muda harus mampu hadapi tantangan ideologi selain Pancasila

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020