Kemarin, konsolidasi BUMN farmasi hingga pasar baru ekspor

Kemarin, konsolidasi BUMN farmasi hingga pasar baru ekspor

Menteri BUMN Erick Thohir (kiri), Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo (kanan) dan Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika IHC Fathema Djan R (tengah) berbincang di sela-sela acara 1st Indonesia Healthcare Corporation Medical Forum di Jakarta, Senin (10/2/2020). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.

....Kementerian ingin memastikan bahwa konsolidasi rumah sakit BUMN dan konsolidasi BUMN farmasi bisa menjadi atau pertahanan kita sebagai bangsa,
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Senin (10/2), mulai dari konsolidasi BUMN farmasi hingga Menperin cari pasar baru ekspor hasil industri.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.

1. Erick ingin konsolidasi BUMN farmasi jadi benteng kesehatan RI

Menteri BUMN Erick Thohir ingin memastikan konsolidasi Rumah Sakit (RS) BUMN dan konsolidasi BUMN farmasi bisa menjadi benteng pertahanan bangsa Indonesia dalam ketahanan kesehatan.

"Karena kita bicara tentang ketahanan kesehatan, kita di Kementerian ingin memastikan bahwa konsolidasi rumah sakit BUMN dan konsolidasi BUMN farmasi bisa menjadi atau pertahanan kita sebagai bangsa," ujar Erick Thohir di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya di sini

Baca juga: Erick Thohir dapat pesanan dua juta masker dari Suning Group

2. Presiden Jokowi ajak pengusaha Australia investasi di Indonesia

Presiden Joko Widodo mengajak para pengusaha di Australia untuk berinvestasi di Indonesia, terlebih karena pemerintah sedang menyusun omnibus law untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif.

"Saya berjanji untuk terus menciptakan iklim investasi yang lebih baik. Kali ini saya akan mencoba dengan memperkenalkan omnibus law. Ominibus law akan menyederhanakan banyak regulasi dan menciptakan iklim investasi yang kondusif," kata Presiden Joko Widodo dalam sambutan berbahasa Inggris di forum "Indonesia-Australia Business Roundtable" di Canberra, Australia, Senin.

Berita selengkapnya di sini

Baca juga: Bahlil tawarkan investasi 10 Bali Baru kepada Pemerintah Australia

3. Moody's kukuhkan peringkat RI pada level outlook stabil

Lembaga pemeringkat Moody’s Investor Service (Moody’s) mengafirmasi sovereign credit rating Indonesia pada level Baa2/outlook stabil (Investment Grade) pada 10 Februari 2020.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan, "Afirmasi rating Indonesia pada level Baa2 dengan outlook stabil oleh Moody’s mengonfirmasi optimisme stakeholder internasional terhadap prospek perekonomian Indonesia di tengah tantangan global maupun domestik."

Berita selengkapnya di sini
 

4. Impor bawang putih China, Asosiasi khawatir harga masih sulit ditekan

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (Ikappi) Abdullah Mansuri menilai keputusan Pemerintah untuk membuka impor bawang putih dari China akan membuat harga komoditas tersebut masih sulit dikendalikan.

Menurut Abdullah, impor bawang putih dari China dapat menimbulkan psikologi pasar yang bergejolak karena konsumen khawatir isu virus Corona (Koronavirus) yang berasal dari negeri Tirai Bambu tersebut dapat menyebar lewat bawang putih.

Berita selengkapnya di sini

Baca juga: Kementan alokasikan Rp220 miliar kembangkan kawasan bawang putih

5. Wabah corona di China, Menperin cari pasar baru ekspor hasil industri

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebutkan pemerintah akan mencari pasar baru untuk mengekspor hasil industri dalam negeri menyusul wabah virus corona di China yang belum usai.

"Oleh sebab itu, kita harus mencari pasar baru (negara lain), karena kita tidak tahu berapa lama virus corona itu bisa hilang. Sebab, kalau hasil industri tidak bisa diserap China, mereka (industri) 'terpaksa' harus mengurangi likuiditasnya, kan sayang," tutur Agus di Balai Diklat Industri Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Berita selengkapnya di sini
Baca juga: Sarinah komitmen bantu tingkatkan ekspor produk UKM

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menteri BUMN beri bantuan obat dan APD untuk Jawa Timur

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar