Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta melakukan uji coba Perpanjangan Lintas Layanan KA Bandara Internasional Adi Soemarmo yang semula dari Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo Balapan, diperpanjang sampai Stasiun Klaten.

Hal ini dalam rangka persiapan pengoperasian perpanjangan lintas layanan KA Bandara Bandara Internasional Adi Soemarmo sampai ke Klaten yang direncanakan mulai 1 Maret 2020 dan berbayar.

"Dilakukan uji coba selama dua hari ini, setelah itu dievaluasi untuk persiapan pengoperasian yang rencananya akhir bulan Februari 2020 oleh Presiden Jokowi,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restyawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Baca juga: KA Bandara Solo mulai beroperasi, digratiskan selama dua bulan

Sejak Akhir Desember 2019 KA Bandara Internasional Adi Soemarmo sudah melakukan uji coba dari stasiun KA Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo Balapan dengan tarif gratis.

Dari data yang ada, lanjut dia, potensi penumpang cukup bagus. Rencananya mulai bulan Maret akan dikomersilkan sekaligus diperpanjang lintas layanannya sampai Klaten.

“Potensi Klaten sangat bagus untuk Kereta Bandara Internasional Adi Soemarmo ini. Harapan kita masyarakat akan lebih mudah ke bandara," kata Danto.

Setelah uji coba yang dilakukan selama dua hari akan dilakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan melibatkan semua pihak terkait untuk menentukan pola operasi termasuk tarif yang akan dikenakan pada penumpang.

“Untuk saat ini akan dilakukan evaluasi berapa sih tarif yang layak, yang wajar dan tentu natinya akan terjangkau,” katanya.

Baca juga: Menhub sebut tiket KA Bandara Solo Rp10.000-Rp15.000

Senada dengan hal tersebut Executive Vice President Daop 6 Yogyakarta Edi Purwanto mengatakan bahwa uji coba perpanjangan lintas layanan KA Bandara Internasional Adi Soemarmo dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Klaten dilakukan selama dua hari, kemudian dilakukan evaluasi.

“Kita akan evaluasi di Klaten, Purwosari, Solo Balapan, karena ada kondisi-kondisi operasional yang kita pastikan dulu,” katanya.

Terkait pola operasi KA Bandara Internasional Adi Soemarmo reguler yang telah ada selama ini tetap, dan relasinya akan diperpanjang sampai Klaten.

“Jadi kita akan susun lagi, jadi tripnya kita atur lagi, intinya Klaten akan dilayani," kata Eko.

Dalam ujicoba ini jarak Stasiun Klaten-Stasiun KA Bandara Adisoemarmo Solo sepanjang lebih kurang 43 kilometer ditempuh dalam waktu lebih kurang 61 menit dengan berhenti sejenak di Stasiun Purwosari, Stasiun Solo Balapan dan stasiun Kadipiro.

Sedangkan perjalanan dari Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo ke Stasiun Solo ditempuh dalam waktu lebih kurang 25 menit.

Turut dalam uji coba ini, Direktur Sarana Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian, Karlo Manik serta Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah, Nur Setiawan Sidik.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020