New York (ANTARA) - Kurs dolar AS mundur dari tertinggi empat bulan terhadap euro pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), karena selera risiko meningkat setelah reli selama seminggu dibantu oleh tawaran safe-haven yang dipicu oleh kekhawatiran atas wabah virus corona China.

Indeks S&P 500 dan Nasdaq meningkatkan ke tingkat tertinggi baru ketika para investor mempertimbangkan pernyataan penasihat kesehatan China bahwa wabah mungkin telah mencapai puncaknya.

Wabah virus corona di China mungkin berakhir pada April, penasihat medis senior negara itu mengatakan, bahkan ketika kematian melampaui 1.000 dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan ancaman global yang berpotensi lebih buruk daripada terorisme.

“Ada sedikit keterputusan dengan cara pasar ekuitas telah diperdagangkan dalam beberapa sesi terakhir dan cara pasar valas telah bergerak, dan saya pikir sampai taraf tertentu kita melihat sedikit peningkatan pada sisi lain valas,” kata Bipan Rai, kepala strategi valas Amerika Utara di CIBC Capital Markets di Toronto.

Kekhawatiran tentang dampak ekonomi dari virus corona telah menambahkan tawaran keamanan bagi greenback dalam beberapa sesi terakhir, sementara data ekonomi telah mendorong pandangan bahwa prospek ekonomi AS lebih kuat daripada zona euro.

Dolar juga menguat karena volatilitas rendah di sebagian besar pasar valuta asing telah mendorong investor untuk mencari carry trade -- aksi mengambil keuntungan dari perbedaan tingkat suku bunga antar negara --, di mana mereka meminjam dalam mata uang yang memberikan imbal hasil rendah seperti euro dan franc dan berinvestasi dalam dolar atau mata uang lain yang memberikan imbal hasil tinggi.

"Salah satu narasi besar yang berlaku saat ini adalah untuk carry trade," kata Erik Nelson, ahli strategi mata uang di Wells Fargo di New York. "Karena volatilitas tampaknya tidak ada di pasar valas, banyak orang menumpuk ke dalam euro jangka pendek ini, beta lama lebih tinggi, dan mata uang suku bunga lebih tinggi."

Euro jatuh ke serendah 1,0892 dolar pada Selasa (11/2/2020), terendah sejak 1 Oktober, sebelum bangkit kembali ke 1,0923 dolar.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan kepada Kongres pada Selasa (11/2/2020) bahwa ekonomi AS berada di tempat yang baik, bahkan ketika ia mengutip ancaman potensial dari virus corona dan kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi jangka panjang.

Data pada Selasa (11/2) menunjukkan lowongan pekerjaan di AS turun selama dua bulan berturut-turut pada Desember mencapai level terendah dalam dua tahun, sementara perekrutan pekerja sedikit meningkat, menunjukkan percepatan baru-baru ini dalam pertumbuhan pekerjaan tidak mungkin dipertahankan.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020