Jakarta (ANTARA) - Selebritas Raline Shah mengapresiasi empat piala Oscar yang berhasil dibawa Bong Joon Ho dalam film terbarunya "Parasite" (2019) di ajang Academy Awards ke-92 yang dihelat di Dolby Theater, Los Angeles, Minggu (9/2) waktu setempat.

"Hal ini merupakan kebahagiaan bagi kami semua, para pelaku industri perfilman Asia. Sejarah telah teraih dan sudah saatnya dunia film Asia menujukan kualitas yang setara dengan kehebatan para sineas dunia lainnya," kata Raline melalui keterangan resmi yang diterima ANTARA, Rabu.

Baca juga: Menang Oscar, "Parasite" akan tayang ulang di bioskop Amerika Utara

Lebih lanjut, aktris yang turut membintangi film "Orang Kaya Baru" (2019) itu memberikan ucapan selamat kepada pemain dan kru produksi "Parasite", dan Raline mengatakan bahwa ia bangga bisa menyaksikan sejarah baru di perhelatan Oscar kali ini.

"Bangga sekali melihat film Asia mampu mendapatkan tempat terbaik dunia tanpa harus melulu menampilkan eksotisme tempat kami berasal. Ini merupakan pencapaian luar biasa," ujarnya.

Sementara itu, Raline turut hadir sebagai undangan istimewa bersama tim produksi "Parasite" di Soho House, West Hollywood, Los Angeles.

Baca juga: "Parasite" gambarkan tajamnya kesenjangan sosial di Korea Selatan

Ia juga berfoto bersama para kru dan pemain "Parasite", antara lain sutradara Bong Joon Ho, dan para pemain Song Kang-ho, Jo Yeo-jeong dan Choi Woo-sik, serta tak lupa membagikan momen tersebut di akun Instagram-nya.

Tak hanya Raline, hadir pula sineas Asia lainnya dan memeriahkan acara yang berlangsung hingga dini hari itu, seperti sutradara film pemenang Independent Spirit Awards ke-35, "The Farewell" (2019), Lulu Wang..

"Parasite" menjadi film berbahasa asing pertama yang berhasil meraih Oscar untuk kategori Best Motion Picture atau Film Terbaik di Academy Awards 2020, Los Angeles, Minggu (9/2) waktu setempat, tak hanya itu mereka juga membawa pulang tiga piala lainnya.

Sutradara Bong Joon-ho berhasil mendapat Best Director dan Best Original Screenplay bersama Han Jin-won. "Parasite" juga membawa pulang Oscar untuk kategori Best International Feature sehingga total mendapatkan empat piala Oscar.

Baca juga: "Parasite" sabet empat piala Oscars dan daftar pemenang lainnya

Baca juga: "Parasite" raih "Best Original Screenplay" di Oscar 2020

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020