PLN terapkan sistem keselamatan pekerja jarak jauh

PLN terapkan sistem keselamatan pekerja jarak jauh

Petugas berusaha mengevakuasi korban saat simulasi penanganaan kecelakaan kerja di area yang sulit terjangkau ketika digelar apel gabungan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional PLN se Jawa Timur dan Bali di Gresik, Jawa Timur, Rabu (12/2/2020). Simulasi tersebut bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan petugas dalam penanganan korban kecelakaan kerja. ANTARA/Zabur Karuru.

Jangan sampai baru peduli terhadap K3 saat ada gugatan dari masyarakat atau keluarga korban
Gresik, Jawa Timur (ANTARA) - General Manager Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBTB) Suroso mengatakan, PLN Jawa Timur dan Bali telah menerapkan sistem keselamatan pekerjanya melalui aplikasi daring, sehingga bisa dipantau secara jarak jauh.

"Dari sisi pengembangan teknologi, kami telah menerapkan aplikasi dengan teknologi baru untuk mengembangkan sistem keselamatan. Misalkan working permit secara online. Jadi kalau teman-teman melakukan pengerjaan di Madiun, itu bisa disupervisi dari Surabaya lewat aplikasi," kata Suroso di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Rabu.

Suroso yang ditemui usai apel gabungan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional di Lapangan GKB Convex, Gresik mengatakan penerapan sistem keselamatan terbaru itu adalah bagian dari menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dan kondusif.

"Jangan K3 hanya dibahas saat terjadi kecelakaan di lapangan kerja. Jangan sampai baru peduli terhadap K3 saat ada gugatan dari masyarakat atau keluarga korban. Ini soal nyawa," ujar Suroso.

Baca juga: PLN: Gardu Induk Cawang sudah normal, listrik telah nyala kembali

Suroso mengklaim budaya K3 kini sudah menjadi bagian hidup para pekerja di lingkungan PLN group, dan akan terus dikuatkan dan disinergikan dengan teknologi terbaru, sehingga perusahaan bisa menciptakan catatan zero accident atau nihil kecelakaan.

Suroso mengatakan dari sisi pengembangan SDM, PLN juga telah meningkatkan kapasitasnya dalam bekerja, khususnya di tingkat berbahaya yang tinggi, dengan dilengkapi sertifikat.

"Kami juga melakukan pelatihan terhadap SDM. Ini salah satu cara bagaimana kita menguatkan budaya keselamatan dari segi SDM," katanya.

Baca juga: PLN Jatim siapkan listrik 300 kVA untuk Piala Dunia U-20

Dari sisi peralatan, PLN group melengkapinya dengan alat-alat alat-alat yang sudah bersertifikat, dan dipastikan pekerja yang mengerjakannya aman dari sengatan listrik, serta ancaman lainnya.

Sementara dalam apel gabungan Bulan K3 Nasional di Lapangan GKB Convex, Kabupaten Gresik, digelar dengan simulasi penyelamatan, yang bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan petugas dalam penanganan korban kecelakaan kerja

Baca juga: PLN pulihkan Gardu Induk Cawang dalam waktu sejam

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar