Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia berakhir menguat pada perdagangan Rabu, dengan saham sektor keuangan memimpin kenaikan indeks utama.

Pada penutupan perdagangan, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 32,90 poin atau 0,47 persen menjadi 7.088,20 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 33,90 poin atau 0,47 persen pada 7.185,30 poin.

"Pasar saham Aussie membaik untuk hari kedua dan mendekati rekor tertinggi, sebagian berkat reaksi keras terhadap hasil setengah tahunan Commonwealth Bank of Australia," kata analis pasar Commsec, Steven Daghlian kepada investor dalam catatan sore.

Baca juga: Lonjakan saham bank, angkat pasar saham Aussie lebih tinggi

"Lonjakan Commonwealth Bank terhitung sekitar setengah dari total keuntungan pasar sendiri."

"Laba tunai turun 4,3 persen menjadi 4,477 miliar dolar Australia (3,22 miliar dolar AS), namun ini di depan ekspektasi pasar."

Di sisi lain, raksasa vitamin (suplemen kesehatan) Blackmores anjlok hingga 15 persen setelah melanjutkan perdagangan dari penghentian perdagangan dua hari.

"Kelompok perusahaan produsen vitamin itu memangkas ekspektasi laba untuk setahun penuh, sekarang berharap menghasilkan antara 17-21 juta dolar Australia (11,5-14,1 juta dolar AS) dalam laba bersih," kata Daghlian.

"Perusahaan menyalahkan ini sebagian pada pembelian fasilitas manufaktur Oktober 2019 di Victoria. Langkah tersebut telah mendorong biaya lebih tinggi karena butuh waktu untuk menyesuaikan."

"Blackmores juga menyalahkan virus corona, karena China adalah pasar utama untuk grup dan menyumbang sekitar 20 persen dari penjualan."

Baca juga: Saham Australia berakhir sedikit melemah, investor dalam mode defensif

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia menguat dengan Commonwealth Bank naik 4,08 persen, Westpac Bank naik 0,60 persen, National Australia Bank naik 0,89 persen dan ANZ naik 0,80 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar merosot dengan BHP turun 0,42 persen, Rio Tinto turun 1,15 persen, Fortescue Metals tidak berubah, dan penambang emas Newcrest turun 0,84 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas melemah dengan Woodside Petroleum turun 0,27 persen, Santos turun 1,69 persen dan Oil Search turun 0,47 persen.

Baca juga: Saham Australia berakhir turun, hentikan kenaikan beruntun tiga hari

Jaringan supermarket terbesar di Australia melihat hasil yang beragam dengan Coles Group naik 0,06 persen dan Woolworths turun 0,35 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra turun 1,80 persen, maskapai nasional Qantas menguat 0,94 persen dan perusahaan biomedis CSL mengakhiri sesi dengan kenaikan 0,77 persen.

Baca juga: Sinyal beragam dari pasar internasional, saham Australia dibuka turun

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020