Kota Bogor terima penghargaan SAKIP Tahun 2019 dari Kemenpan

Kota Bogor terima penghargaan SAKIP Tahun 2019 dari Kemenpan

Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mewakili Wali Kota Bogor menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2019 dari KementerianPAN-RB, di Kota Batam, Senin (10/2/2020). (ANTARA/HO/Pemkot Bogor)

Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota Bogor menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2019 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dengan predikat BB.

"Alhamdulillah Pemkot Bogor menerima penghargaan Akuntabilitas Kinerja dari Kementerian PAN-RB," kata Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat di Balai Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Predikat ini meningkat menjadi BB, setelah lima tahun sebelumnya Kota Bogor memperoleh predikat B. "Saya bangga Kota Bogor predikatnya naik," kata dia.

Ade Sarip mewakili Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, menerima penghargaan SAKIP Tahun 2019 yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB di Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/2) malam.

Pada pemberian penghargaan tersebut, Ade Sarif Hadir hadir ke Kota Batam didampingi oleh Kepala Bappeda Kota Bogor Hanafi serta Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Bogor Amik Herwidiastuti.

Baca juga: Kemenpan-RB gandeng IAPA optimalkan SAKIP Pemda

Penghargaan SAKIP Tahun 2019 diserahkan oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo yang diterima oleh Ade Sarip Hidayat. Selain Kota Bogor beberapa provinsi serta kabupaten/kota lainnya juga menerima penghargaan SAKIP Tahun 2019.

Menurut Ade Sarip, penghargaan SAKIP tahun 2019 yang diperoleh Pemerintah Kota Bogor memberikan gambaran bahwa Pemerintah Kota Bogor bekerja menggunakan anggaran daerah sesuai dengan peruntukannya dan berorientasi pada hasil yang dapat dipertanggungjawabkan.

Ade Sarip yang akan memasuki masa pensiun pada September mendatang berharap jajaran birokrasi di Pemerintah Kota Bogor dapat meningkatkan kinerjanya lebih baik lagi.
Baca juga: Bogor lanjutkan pembicaraan dengan PT KAI terkait trem

"Pemerintah Kota Bogor yang saat ini memperoleh predikat BB pada penghargaan SAKIP tahun 2019, tapi masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki," katanya.

Di sisi lain, Ade Satip juga berharap penghargaan SAKIP Tahun 2019 ini menjadi motivasi bagi jajaran birokrat di Pemerintah Kota Bogor untuk dapat bekerja lebih baik.

Penilaian yang diberikan Kementerian PAN-RB untuk penghargaan SAKIP Tahun 2019 adalah, predikat AA dengan skor 90-100 (sangat memuaskan), predikat A skor 80-90 (memuaskan), predikat BB skor 70-80 (sangat baik), predikat B skor 60-70 (baik), predikat CC skor 50-60 (cukup), predikat C skor 30-50 (kurang) serta predikat D skor 0-30 (sangat kurang).

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar