Liga 1 Indonesia

LIB berkomitmen jadwal Liga 1 Indonesia 2020 tak berubah-ubah

LIB berkomitmen jadwal Liga 1 Indonesia 2020 tak berubah-ubah

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Cucu Somantri (kiri), Komisaris Utama Sonhaji (kedua kiri) bersama komisaris Munafri Arifuddin (kedua kanan) dan Ferry Paulus (kanan) memberikan keterangan usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Liga Indonesia Baru (LIB) di kawasan Kuta, Badung, Bali, Kamis (23/1/2020). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Jakarta (ANTARA) - Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Somantri mengatakan pihaknya berkomitmen jadwal Liga 1 Indonesia 2020 tidak akan mengalami perubahan-perubahan seperti musim sebelumnya.

“Itu salah satu komitmen kami kepada para mitra,” ujar Cucu di Jakarta, Rabu.

Baca juga: LIB akui harga siar Liga 1 2020 lebih tinggi dari sebelumnya

Menurut pria yang juga wakil ketua umum PSSI tersebut, perubahan jadwal karena hal-hal seperti penundaan pertandingan, pergantian stadion dan lain-lain menimbulkan kerugian pada semua pihak, termasuk LIB dan tim nasional Indonesia.

Itulah yang membuat LIB menjalin komunikasi dengan banyak pemangku kepentingan untuk menyelaraskan jadwal Liga 1 2020. Salah satu yang diajak berdiskusi adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Baca juga: Dirut LIB : Liga 1 dimulai 29 Februari 2020

LIB dan PSSI, lanjut Cucu, sudah melakukan kunjungan ke Markas Besar Polri. Dari pertemuan itu, LIB mendapatkan gambaran rinci mengenai agenda terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), termasuk tentang pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak yang berlangsung di 270 daerah di Indonesia pada tahun 2020.

“Selama ini, kan belum diketahui agenda kamtibmas seperti itu,” kata dia.

Pemegang hak siar Liga 1 Indonesia 2020, Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menyambut baik komitmen tersebut. Emtek sudah menyiarkan Liga 1 Indonesia sejak tahun 2018.

Baca juga: PT LIB klaim sudah tidak miliki utang ke klub

Direktur Programming SCM Hersiwi Achmad mengatakan perubahan-perubahan mendadak di Liga 1 Indonesia 2019 beberapa kali membuat pihaknya kesulitan dalam mencari pengganti program.

Hal itu berimbas kepada para pemasang iklan yang berujung pada kompensasi-kompensasi tertentu. Bahkan, "audience share" Liga 1 2019 menurun menjadi 15,8 persen dari 17,8 persen di tahun sebelumnya.

“Pernyataan LIB soal komitmen jadwal Liga 1 sangat menyejukkan dan menggembirakan bagi industri. Kami sangat khawatir kalau jadwalnya berubah-ubah. Tahun 2019 memang ada kegiatan seperti pemilu dan sebagainya. Jadi kami berharap performa LIB tahun ini semakin meningkat,” tutur Hersiwi.

Liga 1 Indonesia 2020 berlangsung mulai 29 Februari sampai 31 Oktober 2020.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Satgas Anti Mafia Bola Tahap III Papua mulai bertugas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar