Rute baru ini diharapkan dapat mempermudah pengguna layanan kereta ke Pusat Ibu Kota usai terhenti di Stasiun Manggarai akibat layanan KRL yang terganggu selama sepuluh hari ke depan
Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menambahkan rute baru Stasiun Manggarai- Tosari imbas dari penggantian wesel (Belanda: Wissel) kereta milik PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang berlangsung selama 10 hari mulai Kamis (13/2)- Minggu (23/2).

"Layanan modifikasi khusus lintas koridor ini dapat ditemui tepat di depan pintu keluar gerbang stasiun KAI Manggarai sehingga pelanggan dapat langsung menuju bus tanpa harus menyeberang ke koridor," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas TransJakarta Nadia Diposanjoyo dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Rute ini dibuat secara khusus bagi pengguna KRL yang akan melanjutkan perjalanan secara langsung melewati kawasan koridor 1 TransJakarta atau menuju ke pusat perkotaan.

Ada enam armada berjenis 'single bus' dengan kapasitas menampung 29 penumpang untuk berdiri, 36 penumpang untuk duduk, serta 1 ruang untuk pengguna kursi roda yang disiapkan oleh TransJakarta untuk mengisi rute alternatif itu.

Baca juga: TransJakarta tambahkan 20 armada untuk angkut penumpang di Manggarai

Baca juga: Ganti Wesel, KCI rekayasa rute Bogor dan Bekasi hanya sampai Manggarai

Baca juga: Gangguan wesel Stasiun Jakarta Kota selesai ditangani


Rute baru ini diharapkan dapat mempermudah pengguna layanan kereta ke Pusat Ibu Kota usai terhenti di Stasiun Manggarai akibat layanan KRL yang terganggu selama sepuluh hari ke depan itu.

"Hal ini (Rute Manggarai-Tosari) kami upayakan sebagai bentuk antisipasi lonjakan pelanggan yang ada di Halte Stasiun Manggarai, saat jam-jam sibuk sibuk pagi hari mulai pukul 06.00 – 09.00 WIB dan sore har pukul 17.00 – 20.00 WIB,” kata Nadia.

Berikut adalah rute layanan TJ Non BRT Hybrid Stasiun KAI Manggarai- Halte TJ Tosari yang dilalui :

Stasiun Manggarai - Halte BRT Manggarai - Jl. Sultan Agung - Jl. Galunggung - Jl. Jendral Sudirman - Halte BRT Tosari - Jl. Blora - Jl. Latuharhari - Jl. Galunggung - Jl. Tambak - Jl. Manggarai Selatan 1 - Stasiun Manggarai.

Sebelumnya, Rabu (12/2) TransJakarta memutuskan untuk menambah 20 armada dengan waktu tunggu setiap lima menit sekali untuk 8 rute miliknya di Stasiun Manggarai untuk memudahkan pengguna kereta yang layanannya dari Cikarang/Bekasi- Jakarta Kota dan Bogor/Depok- Jakarta Kota terhenti hanya sampai di Stasiun Manggarai akibat penggantian wesel kereta selama satu minggu lebih tiga hari.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020