Soal corona, Imigrasi Bandung siapkan perpanjangan izin warga China

Soal corona, Imigrasi Bandung siapkan perpanjangan izin warga China

Penumpang menggunakan masker saat keluar dari terminal kedatangan Internasional di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Senin (27/1/2020). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/ama.

Perpanjangan tersebut disiapkan karena penerbangan menuju China ditutup sementara karena wabah virus corona sehingga warga China  perlu memperpanjang masa tinggalnya di Indonesia
Bandung (ANTARA) - Kantor Imigrasi Bandung, Jawa Barat menyiapkan perpanjangan izin khusus bagi warga negara asing (WNA) asal China yang berada di wilayah Bandung menyusul antisipasi merebaknya virus Corona.

Kepala Kantor Imigrasi Bandung Uray Avian di Bandung, Kamis mengatakan pihaknya telah menerima surat edaran dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham terkait perpanjangan tinggal WNA China.

"Kami sudah mendapat edaran dari Kepala Dirjen Imigrasi Kemenkum HAM mengenai antisipasi. Artinya warga China yang berada di sini akan mendapat perpanjangan khusus," katanya.

Menurut dia perpanjangan tersebut disiapkan karena penerbangan menuju China ditutup sementara karena wabah virus corona sehingga warga China  perlu memperpanjang masa tinggalnya di Indonesia.

Mengenai teknis perpanjangannya, menurut dia, bisa dilakukan seperti biasanya. Namun, ada proses yang dihilangkan yakni pengambilan sidik jari dan proses biometrik.

"Hanya saja ada dua proses yang dihilangkan yakni pengambilan sidik jari sama biometriknya dihilangkan karena menghindari kontak langsung kan. Tapi tetap kami berikan izin tinggal," kata dia.

Sementara ini, pihaknya belum bisa memastikan sampai kapan perpanjangan izin bagi WNA China itu, apalagi mereka juga takut untuk pulang ke negaranya karena adanya wabah virus corona.

"Sambil melihat situasi di China seperti apa, mereka juga mau pulang juga takut kan, karena wabah itu," demikian Uray Avian.

Baca juga: RSHS nyatakan dua pasien isolasi negatif terjangkit virus corona

Baca juga: Warga Tiongkok diisolasi di RSHS Bandung pekerja KCIC

Baca juga: RSHS Bandung siapkan sarana khusus terkait Virus Corona

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

281 WNA Pemilik KTP Bandung Tidak Punya Hak Pilih

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar