Palembang (ANTARA) - Sumatera Selatan menyatakan siap menjadi tuan rumah kejuaraan sepak bola dunia FIFA U -20 karena fasilitas pertandingan yang ada di provinsi itu sudah berstandar internasional.

Menurut Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Rabu, Sumsel juga telah berpengalaman menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan olahraga tingkat internasional.

Bahkan kejuaraan sepak bola tingkat Asia beberapa waktu lalu di Sumsel telah berlangsung sukses.

“Pemprov Sumsel berkomitmen dan siap menjadi tuan rumah FIFA World Cup U20 Tahun 2021” ujarnya.

Sebagai komitmen, Sumsel juga siap bersinergi dengan Pemerintah Pusat dan mengalokasikan pendanaan serta akan melengkapi apa saja yang disyaratkan PSSI dan FIFA agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

"Kalau infrastruktur kita siap untuk lengkapi, bisa dibangun satu dua bulan, tapi kemenangan Sumsel yang tidak bisa ditiru daerah lain yaitu pengalamannya menjadi penyelenggara berbagai kejuraan olahraga nasional dan internasional," jelas gubernur.

Baca juga: Palembang masih berpeluang tuan rumah Piala Dunia U20

Sebagai bukti keseriusan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjadi tuan rumah, pihaknya telah menandatangani kesepakatan sebagai tuan rumah bersama PSSI di Griya Agung lalu.

Sementara Ketua Umum PSSI Komjen Pol Mochamad Iriawan saat kunjungan ke Palembang mengatakan, kedatangannya di daerah ini untuk melakukan pengecekan fasilitas yang dimiliki Sumsel sebagai calon tuan rumah.

Baca juga: PSSI tinjau lapangan pendukung pastikan kesiapan Piala Dunia U-20

Prinsipnya kami akan melihat secara keseluruhan kawasan olahraga Jakabaring Palembang dan pihaknya sudah tahu dari berbagai kejuaraan internasional dan nasional yang pernah dilakukan tentu ada sedikit kekurangan yang perlu ditindaklanjuti dan kami akan melihat 5 stadion pendukung lagi.

Kesiapan stadion utama, akomodasi, medis, jarak stadion hotel dan jarak stadion dengan tempat latihan kesemuanya itu akan dilihat.

Menurut dia, dari 11 daerah maka akan ada enam dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan dunia sepak bola U-20.

Baca juga: Kemenpora pastikan enam stadion untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021

Baca juga: Piala Dunia U-20 tahun 2021 berlangsung 24 Mei-12 Juni

 

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020