Jakarta (ANTARA) - Sebagian perempuan yang merasakan nyeri menstruasi hari-hari pertama, terkadang meminum obat anti nyeri semisal paracetamol untuk mengatasi rasa sakitnya dan bahkan terus menerus. Apa kata dokter soal ini?

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas dari Rumah Sakit Pondok Indah-Pondok Indah, Kanadi Sumapraja mengatakan, pereda nyeri seperti yang mengandung paracetamol atau ibuprofen bisa digunakan untuk membantu meredakan nyeri haid.

Keduanya tergolong obat lini pertama mengatasi menstruasi karena bekerja di ujung-ujung serabut saraf, sebelum penggunaan obat-obatan yang bekerja di sentral atau bagian otak saat nyeri sangat hebat, misalnya tradamol.

"Obat-obatan itu akan menekan lepasnya mediator.-mediator radang yang timbul akibat peradangan. Dengan demikian, ujung-ujung serabut saraf itu tidak akan teraktivasi karena adanya mediator radang tadi. Obat-obat seperti itu banyak misalnya paracetamol, ibuprofen," ujar dia dalam diskusi media di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Nyeri haid bisa berujung infertilitas

Baca juga: Mengapa perempuan suka "bad mood" saat PMS?


Lalu, bolehkah mengonsumsi obat pereda nyeri terus menerus saat nyeri muncul?

"Makanya mengatasi nyeri haid untuk menghindari obat-obat anti nyeri yang berkepanjangan. Karena risiko jauh lebih besar, efek sampingnya cukup serius," tutur Kanadi.

Menurut dokter yang juga berpraktik di RSCM itu penggunaan obat-obatan berjenis antiinflamasi non steroid (semisal paracetamol atau ibuprofen) berpotensi memicu iritasi pada lambung dan menganggu fungsi ginjal.

"Penggunaan Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) sangat berpotensi memicu iritasi pada lambung, juga mengganggu fungsi ginjal apabila digunakan berkelanjutan," papar Kanadi.

Mengenai nyeri itu sendiri, umumnya terjadi pada hari-hari awal menstruasi dan biasanya semakin hebat jika darah yang keluar semakin banyak. Apa yang terjadi saat itu? Kontraksi otot-otot rahim untuk mengeluarkan darah haid.

"Ada kontraksi yang berlebihan sehingga timbul nyeri yang luar biasa," kata Kanadi.

Beberapa perempuan sudah merasakan nyeri sejak pertama kali mengalami menstruasi atau disebut nyeri primer. Sementara sebagian lainnya muncul setelah sekian tahun dan ini perlu diwaspadai karena banyak berhubungan dengan penyakit endometriosis.

Baca juga: Mengapa muncul nyeri haid? Kenali fase-fase menstruasi

Baca juga: Pil kontrasepsi bermanfaat untuk atur siklus menstruasi

Baca juga: Jangan anggap remeh nyeri haid

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020