Setelah sidang pemakzulan, senator AS akan kunjungi Ukraina

Setelah sidang pemakzulan, senator AS akan kunjungi Ukraina

Pemimpin Senat Mayoritas Mitch McConnell berbicara sebelum dimulainya argumen pembukaan pada hari kedua sidang pemakzulan Senat Amerika Serikat terhadap Presiden Amerika Serikat Donald Trump terlihat dari gambar video di Ruang Senat di U.S. Capitol, Washington, Amerika Serikat, Rabu (22/1/2020). (REUTERS/HANDOUT)

Hubungan AS-Ukraina sama pentingnya sekarang dengan sebelumnya
Washington (ANTARA) - Tiga senator AS akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di Kiev pada Jumat, berusaha untuk memperkuat pentingnya negara tersebut sebagai sekutu strategis AS setelah ia mendapati dirinya berada di pusat persidangan pemakzulan sengit Presiden Donald Trump.

"Hubungan AS-Ukraina sama pentingnya sekarang dengan sebelumnya," Senator Republik Ron Johnson dan John Barrasso serta Senator Demokrat Chris Murphy mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu ketika mengumumkan perjalanan mereka.

"Masa depan Ukraina penting bagi Amerika Serikat dan kami harus memastikan Ukraina tahu bahwa kami memandang mereka sebagai sekutu strategis," kata mereka.

Johnson dan Murphy terakhir bertemu dengan Zelenskiy di Kiev pada 5 September, ketika pemerintahnya berhadapan dengan keputusan Trump untuk membekukan hampir $ 400 juta bantuan keamanan.

Murphy mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers di Washington dengan Johnson pada 10 September bahwa para pejabat Ukraina tidak memiliki pemahaman penuh tentang mengapa uang itu mungkin ditahan, dan bahwa mereka telah mengangkat masalah ini dalam setiap pertemuan selama perjalanan mereka.


Baca juga: Pompeo akan bertolak ke Ukraina 'segera' di tengah persidangan Trump
Baca juga: Kurang dari setengah masyarakat AS inginkan Trump dipecat


Keputusan itu, dan panggilan telepon Trump dengan pemimpin Ukraina untuk membahasnya, menjadi pusat penyelidikan Trump yang mengarah pada pemakzulannya oleh Dewan Perwakilan Rakyat yang dipimpin Demokrat akhir tahun lalu.

Senat yang dipimpin Partai Republik membebaskan Trump pekan lalu. Pembelaannya menyatakan bahwa uang itu telah ditahan karena korupsi di Ukraina, bukan untuk menekan Zelenskiy. Trump menegaskan panggilannya dengan Zelenskiy telah "sepenuhnya benar."

Manajer pemakzulan demokrat berpendapat bahwa Trump menahan uang untuk menekan Zelenskiy untuk menyelidiki mantan Wakil Presiden Joe Biden, saingan Demokrat untuk Trump ketika ia berusaha untuk ikut pemilihan kembali tahun ini, dan putra Biden, Hunter Biden, yang berada di dewan perusahaan Ukraina.

Johnson adalah ketua, dan Barrasso dan Murphy adalah anggota, dari subkomite Senat tentang Eropa dan Kerja Sama Keamanan Regional.

Sumber: Baca juga: Senat AS bebaskan Trump dari dakwaan pemakzulan
Baca juga: Gedung Putih sambut baik putusan senat AS yang bebaskan Trump

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sri Mulyani minta waspadai dampak pemakzulan Donald Trump

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar