Balap Sepeda

Mamat catatkan kemenangan etape keduanya pada TdL 2020

Mamat catatkan kemenangan etape keduanya pada TdL 2020

Pebalap Terengganu Cycling Team Mohamad Harrif Saleh (paling depan) bersorak merayakan kemenangannya di etape ketujuh Tour de Langkawi, di Alor Setar, Kedah, Kamis (13/2/2020). (ANTARA/HO/Tour de Langkawi)

Alor Setar (ANTARA) - Pebalap Terengganu Cycling Team, Mohamad Harrif Saleh, atau akrab disapa Mamat, mencatatkan kemenangan etape keduanya pada Tour de Langkawi (TdL) 2020, Kamis.

Ia menjadi pebalap pertama yang melintasi garis finis untuk menyelesaikan etape ketujuh dengan jarak tempuh 130,4 kilometer dari Bagan menuju Alor Setar tersebut.

Sebelumnya Mamat telah menjadi pemenang pada etape kelima yang berlangsung Selasa lalu. Dengan keberhasilannya di etape ketujuh itu, ia menjadi satu-satunya pebalap Asia yang mampu memenangi tiga etape pada ajang TdL.

Baca juga: Jamalidin finis urutan 18 etape lima TdL 2020

Mohamad melancarkan sprint yang mengejutkan rombongan pebalap menjelang finis untuk membuat ia mengungguli Matteo Pelucchi yang finis di urutan kedua dan Taj Jones yang finis di urutan ketiga.

Pelucchi, yang merupakan pemenang di etape ini pada tahun lalu, sejak awal mengincar kemenangan. Sehingga rekan-rekannya di Bardiane CSF Faziane berupaya mengawalnya sampai finis.

Sebelumnya terdapat lima pebalap yang melakukan "breakaway" dari kelompok besar, yakni Masakazu Ito (Aisan), Ben van Dam (Team Bridgelane), Kim Kookhyun (KSPO), Cormac McGeough (Team Wildlife), dan Danieal Haikkal Edy Suhaidee (Tim Nasional Malaysia), pada 10 kilometer terakhir, namun mereka terkejar pada dua kilometer sebelum finis.

Baca juga: Danilo Celano rebut kaus kuning TdL dari Fedorov

Mohamad kemudian menemukan celah untuk melaju dan menjadi yang terdepan saat melintasi garis finis.

"Saya tidak tahu harus berkata apa. Mungkin kondisi saya sekarang sedang bagus. Dengan kondisi yang bagus, saya merasa percaya diri. Tingkat kepercayaan diri saya siap untuk TdL," tutur Mohamad setelah balapan.

"Hari ini saya mengikuti para pebalap terdepan dan kemudian melihat ada peluang besar untuk memenanginya, dan saya mengambilnya," tambahnya.

Baca juga: Para pebalap TdL disambut meriah di Genting Highlands

Pada Jumat, TdL akan melangsungkan etape terakhir, yakni etape kedelapan. Etape itu akan menyajikan balapan sepanjang 108,5 kilometer memutari Pulau Langkawi dan berakhir dengan enam putaran mengelilingi sirkuit di Kuah Town.

Hasil etape ketujuh Tour de Langkawi 2020 (13/2/2020):

1. Mohamad Harrif Saleh Terengganu Cycling Team 2:53:17
2. Matteo Pelucchi Bardiani CSF Faziane 2:53:17
3. Taj Jones ARA Pro Racing Sunshine Coast 2:53:17
4. Riccardo Minali Nippo Delco Provence 2:53:17
5. Luca Pacioni Androni Giacatoli-Sidermec 2:53:17
6. Giovanni Lonardi Bardiani CSF Faziane 2:53:17
7. Mohamad Izzar Hilmi Abdul Halil Tim Nasional Malaysia 2:53:17
8. Tristan Ward Team Bridgelane 2:53:17
9. Kakeru Omae Aisan Racing Team 2:53:17
10. Ahmet Orken Team Sapura Cycling 2:53:17

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar