Jakarta (ANTARA) - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karo berencana memberikan lahan untuk pembangunan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe yang baru.

"Forkopimda Kabupaten Karo, berencana memberikan lahan untuk pembangunan Rutan kelas IIB Kabanjahe yang baru,” ujar Kepala Bagian Humas Direktorat Jendral Pemasyarakatan (Kabag Humas Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM Rika Aprianti dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Wacana tersebut dikemukakan dalam rapat antara jajaran Kemenkumham Pusat dan Kantor Wilayah Sumatera Utara dengan Bupati dan DPRD Kabupaten Tanah Karo, di Karo, Sumatera Utara, Kamis.

Dalam rapat yang membahas kericuhan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Rabu (12/2) itu, dihadiri oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana, Ketua dan wakil ketua DPRD, Sekda Kabupaten Karo, Inspektur Wilayah 5 dan 2, Kepala Kantor Wilayah, Direktur Keamanan Ketertiban Ditjen PAS Tedjo Herwanto, anggota DPRD, dan Kepala Rutan Kabanjahe.

Rika mengatakan rencana pemberian lahan tersebut saat ini masih dalam pembahasan bersama Bupati dan Ketua DPRD Karo. Dia mengaku belum memperoleh informasi detail terkait luas maupun lokasi lahan yang akan dihibahkan.

Namun, Rika menyebut bahwa dalam waktu dekat Forkopimda Karo akan melakukan peninjauan di lokasi lahan yang telah direncanakan itu.

"Pemda Kabupaten Karo dan anggota DPRD Kabupaten Karo akan meninjau lokasi lahan yang rencananya akan dihibahkan kepada Kemenkumham terkait pembangunan Rutan Kabanjahe,” ucap dia.

Lebih lanjut Rika mengatakan dalam rapat tersebut disepakati pula bahwa status peristiwa kericuhan yang menyebabkan terbakarnya Rutan Kelas IIB Kabanjahe adalah tanggap darurat.

Pemda Kabupaten Karo beserta DPRD, kata Rika, akan turut membantu pelaksanaan pemulihan Rutan Kelas IIB Kabanjahe yang terbakar, agar secepatnya dapat difungsikan kembali.

Rika menjelaskan, pelaksanaan pemulihan Rutan Kelas IIB Kabanjahe yang terbakar itu direncanakan akan dimulai pada Jumat (14/2).

Diberitakan sebelumnya, terjadi kericuhan di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu. Akibatnya, sejumlah bagian bangunan rutan terbakar dan warga binaan terpaksa dievakuasi.

Baca juga: 20 napi ditetapkan sebagai tersangka kerusuhan di Rutan Kabanjahe

Baca juga: Ricuh Rutan Kabanjahe, seluruh napi akan dipindahkan

Baca juga: Kalapas Medan malam ini terima napi Rutan Kabanjahe

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020