"Pastilah, kalau ada kegiatan internasional kita akan menawarkan menggunakan Stadion Papua Bangkit, tapi untuk Piala Dunia FIFA sudah tentukan," kata Menpora, di sela kegiatan 'Chef de Mission' (CdM) Meeting I Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI
Jayapura (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali akan menawarkan penggunaan Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua untuk pelaksanaan event nasional maupun internasional.

"Pastilah, kalau ada kegiatan internasional kita akan menawarkan menggunakan Stadion Papua Bangkit, tapi untuk Piala Dunia FIFA sudah tentukan," kata Menpora, di sela kegiatan 'Chef de Mission' (CdM) Meeting I Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) se-Indonesia di salah satu hotel ternama di Sentani, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis malam.
Baca juga: Menpora buka CdM Meeting I KONI se-Indonesia di Sentani

Tetapi, menurut Menpora, untuk kegiatan lainnya seperti pertandingan klub internasional bisa ditawarkan menggunakan stadion yang menjadi ikon Papua.

"Bisa untuk timnas juga, karena lebih mudah untuk kita datangkan ke sini yah. Tapi kalau tim Eropa atau Amerika Latin pasti prosedurnya panjang," katanya lagi.

Pada Kamis sore, Zainudin Amali bersama rombongan meninjau sejumlah venue PON XX di Papua, di antaranya ke Stadion Papua Bangkit yang terletak di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

"Saya dan Ketum KONI Marciano Norman beserta rombongan dari Jakarta lakukan kunjungan ke Papua untuk meninjau venue di Merauke, Mimika dan Jayapura, guna meninjau persiapan Papua sebagai tuan rumah PON XX, baik venue dan kesiapan lainnya," katanya lagi.
Baca juga: Tinjau kesiapan PON 2020, Menpora sambangi Stadion Papua Bangkit

Dengan melihat secara langsung, kata dia, bisa meyakinkan dan menghilangkan kekhawatiran bahwa Papua siap sebagai tuan rumah PON XX.

"Kami harus pastikan kesiapan dari penyelenggaraan baik tempat penginapan, agar semua pada waktunya sudah bisa digunakan dengan baik. Apa yang kami dapat dari kunjungan kami baik di Mimika, Merauke dan Jayapura itu progresnya berjalan sesuai dengan rencana," katanya pula.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020