Kapolda dan Pangdam Cenderawasih diminta pantau pembangunan venue PON

Kapolda dan Pangdam Cenderawasih diminta pantau pembangunan venue PON

Menpora Zainudin Amali di sela acara  'Chef de Mission' (CdM) Meeting I KONI se-Indonesia di salah satu hotel ternama di Sentani, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (13/2/2020) malam. (ANTARA/Alfian Rumagit)

"Agar Pak Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cenderawasih tolong bantu cek, telepon setiap minggu kepada pelaksana pembangunan PON XX agar berjalan sesuai agenda," kata Menpora pula.
Jayapura (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Herman Asaribab untuk selalu memantau atau mengecek jalannya pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

Permintaan itu disampaikan Menpora Zainudin Amali saat membuka secara resmi 'Chef de Mission' (CdM) Meeting I Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) se-Indonesia di salah satu hotel ternama di Sentani, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis malam.

"Agar Pak Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cenderawasih tolong bantu cek, telepon setiap minggu kepada pelaksana pembangunan PON XX agar berjalan sesuai agenda," kata Menpora pula.
Baca juga: Menpora akan undang timnas menjajal Stadion Papua Bangkit

Zainudin mengaku bangga setelah melihat secara dekat sejumlah venue PON, baik di Merauke, Kota dan Kabupaten Jayapura yang sudah bisa diklaim layak untuk melaksanakan event nasional maupun internasional.

"Tadi saya cek ke Stadion Papua Bangkit, ternyata luar biasa, apalagi arena akuatiknya standar internasional," katanya lagi.

Berkaitan dengan venue PON yang berstandar internasional, Zainudin juga meminta kepada Pemerintah Provinsi Papua untuk bisa merawatnya usai perhelatan tersebut, sehingga tidak terbengkalai seperti daerah lainnya di Indonesia.

"Saya juga titip kepada Pak Sekda Papua Heri Dosinaen tolong rencanakan, diurus, karena pengalaman di beberapa daerah tidak terurus. Tolong jika selesai PON agar ada rencana kegiatan supaya tetap ada perawatan," katanya.

Menyinggung soal volunteer PON XX di Papua, Zainudin mengaku bangga karena dalam laporan yang diterimanya sudah sampai puluhan ribu orang, sehingga Ia berharap agar pelaksanaan event olahraga nasional itu bisa lancar.

"Volunteer yang sudah mendaftar di empat daerah pelaksanaan PON sejauh ini sudah sampai 40 ribu orang, ini disampaikan kepada saya, luar biasa," kata Zainudin.
Baca juga: Menpora menawarkan Stadion Papua Bangkit untuk event internasioanl

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengaku siap melaksanakan permintaan atau pun perintah dari Menpora Zainudin Amali untuk memantau kesiapan penyelesaian pembangunan sejumlah venue PON XX.

"Kami akan pantau, apalagi soal keamanan," katanya menegaskan.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Resmi, PON Papua diundur Oktober 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar