Saham Australia datar, penurunan sektor energi diimbangi keuangan

Saham Australia datar, penurunan sektor energi diimbangi keuangan

Saham operator nasional Qantas terangkat 0,16 persen (HO/ist)

Pasar saham AS lebih lemah karena investor berupaya memahami metodologi baru untuk mengukur kasus virus corona
Sydney (ANTARA) - Bursa sasar saham Australia dibuka hampir datar pada perdagangan Jumat pagi, karena penurunan saham energi dan teknologi mengimbangi kenaikan kuat saham keuangan.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik tipis 3,50 poin atau 0,049 persen pada 7.106,70 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik hanya 0,20 poin atau 0,0028 persen pada 7.204,80 poin.

Awal yang lambat mencerminkan lemahnya petunjuk dari pasar luar negeri karena laporan yang saling bertentangan tentang krisis kesehatan China membuat beberapa investor menjauh.

"Pasar saham AS lebih lemah karena investor berupaya memahami metodologi baru untuk mengukur kasus virus corona," kata analis pasar Commsec, Craig James.

Namun, menurut kepala strategi CMC Markets Michael McCarthy, "kegelisahan awal mereda oleh pernyataan pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa kenaikan itu hanyalah perhitungan penuh kasus sejauh ini."

Laporan yang saling bertentangan menyebabkan sinyal beragam di pasar Aussie dengan saham-saham energi merosot meskipun ada kenaikan harga minyak.

Sementara itu bank-bank Aussie menopang pasar saham secara keseluruhan dengan kenaikan 0,5 persen menjadikan mereka yang berkinerja terbaik di awal perdagangan.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia sebagian besar lebih tinggi dengan Commonwealth Bank naik 1,22 persen, National Australia Bank naik 1,79 persen dan Westpac Bank naik 0,04 persen, namun ANZ turun 0,15 persen.

Saham-saham pertambangan bervariasi dengan Rio Tinto naik 0,01 persen, Fortescue Metals turun 0,23 persen, BHP turun 0,17 persen dan penambang emas Newcrest turun 1,43 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas merosot dengan Oil Search turun 0,39 persen, Santos turun 1,46 persen, dan Woodside Petroleum turun 1,54 persen.

Supermarket terbesar Australia bervariasi dengan Coles yang tidak berubah dan Woolworths naik 0,42 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra menguat 0,40 persen, operator nasional Qantas terangkat 0,16 persen dan perusahaan biomedis CSL meningkat 0,07 persen.

Baca juga: Saham Australia pangkas keuntungan awal, berakhir naik
Baca juga: Bursa saham Australia dibuka menguat, terangkat kenaikan saham energi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar