Presiden Xi Jinping telepon Mahathir Mohamad bicarakan corona

Presiden Xi Jinping telepon Mahathir Mohamad bicarakan corona

Mahathir saat memberikan sambutan KL Summit. (Foto ANTARA/Agus)

Kedua pemimpin berbicara tentang saling pengertian dan kerja sama yang erat untuk mengatasi epidemi, serta untuk meminimalkan dampaknya
Kuala Lumpur (ANTARA) - Presiden Republik Rakyat China (RRC) Xi Jinping menelepon Perdana Menteri Malaysia  Mahathir Mohamad, Kamis malam, untuk membicarakan wabah virus corona atau COVID-19 yang melanda negerinya.

Siaran pers Kementerian Luar Negeri Malaysia, Jumat, menyebutkan kedua pemimpin mengadakan pembicaraan telepon selama lebih dari setengah jam tentang epidemi COVID-19 yang sedang berlangsung.

"Kedua pemimpin berbicara tentang saling pengertian dan kerja sama yang erat untuk mengatasi epidemi, serta untuk meminimalkan dampaknya," katanya.

Pada kesempatan tersebut Mahathir menyampaikan solidaritas dan dukungan kuat Malaysia untuk Tiongkok dan menyatakan keyakinannya dalam setiap upaya yang dilakukan oleh Presiden Xi dan pemerintahnya dalam masalah tersebut.

Presiden Xi menghargai persahabatan dan bantuan Malaysia, dan meyakinkan bahwa China memiliki kekuatan untuk memerangi wabah COVID-19, dan akan peduli terhadap orang Malaysia dan orang lain yang saat ini berada di Tiongkok seperti warga negara mereka sendiri.

Kedua pemimpin Asia tersebut sepakat tentang perlunya upaya bersama dalam mengatasi wabah corona.

Perdana Menteri Mahathir merujuk pada langkah bersama yang akan dilakukan oleh ASEAN dan China untuk mengendalikan situasi.

Kedua pemimpin juga sepakat untuk tetap berhubungan dekat satu sama lain dalam menghadapi epidemi ini.


Baca juga: Xi Jinping telepon Jokowi nyatakan keyakinannya atasi corona
Baca juga: Xi Jinping yakinkan Trump bahwa China akan kalahkan virus corona

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Indonesia - Malaysia bersatu lawan diskriminasi sawit

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar