Artikel

Menjawab keraguan penyelenggaraan PON XX di Papua

Oleh Muhsidin

Menjawab keraguan penyelenggaraan PON XX di Papua

Pekerja menyelesaikan pembangunan venue Aquatic PON XX Papua di Kampung Harapan, Sentani Kabupaten Jayapura,Kementerian PUPR menargetkan pembangunan keempat arena olah raga yakni aquatic, hoki, kriket dan istora Papua Bangkit akan selesai pada juni 2020 guna mendukung pelaksanaan PON XX Papua. ANTARA FOTO/Gusti Tanati

Jayapura (ANTARA) - Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora), Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) dan Panitia Besar PON XX Papua hingga Pemerintah Provinsi Papua memastikan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional empat tahunan di Tanah Air tetap berlangsung di tanah Papua yang akan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020.

"Pemerintah harus memastikan kesiapan dari penyelenggaraan, termasuk tempat penginapan, agar pada waktunya semua sudah bisa digunakan dengan baik," ungkap Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali saat mengunjungi venue PON XX Papua, di Kabupaten Jayapura, Kamis malam.

Menpora Zainudin mengatakan, hasil kunjungan kerja dari Mimika, Merauke dan Jayapura itu menunjukkan adanya kemajuan pembangunan berbagai fasilitas penunjang penyelenggaraan PON XX Papua. Semuanya telah berjalan sesuai dengan rencana program pemerintah.

"PON ini event nasional dan jadi prestise bagi Papua karena dinilai layak melaksanakannya. Setelah saya berkunjung dan melihat sejumlah tempat pelaksanaan bahkan ada venue yang berskala internasional. Ya ini sangat luar biasa kemajuan pembangunan venue olahraga di Papua," ungkap Menpora yang juga politisi Partai Golkar itu.

Menpora Zainudin Amali mengatakan, PON XX Papua akan digelar Oktober hingga November 2020 mempertandingkan 37 cabang olahraga dan bakal dihadiri sekitar 6.000 atlet dan ofisial berbagai kontingen daerah dari seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saya dan Ketum KONI Pusat Marciano Noorman beserta rombongan dari Jakarta melakukan kunjungan ke Papua ini untuk meninjau venue di Merauke, Mimika dan Jayapura, guna meninjau persiapan Papua sebagai tuan rumah PON XX, baik venue dan kesiapan lainnya," katanya.

Baca juga: Menpora sebut kemajuan persiapan PON sudah sesuai rencana

Dengan melihat secara langsung hasil pembangunan venue di Papua, Menpora Zainudin berharap semua delegasi peserta PON XX Papua bisa diyakinkan bahwa Papua telah siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON.

"Saya datang ke Papua dengan membawa pesan Presiden Joko Widodo bahwa PON 2020 harus sukses dan berjalan sesuai dengan jadwal. Ya, ini pesan disampaikan langsung Presiden Presiden Jokowi saat rapat terbatas di Jakarta agar PON di Papua sukses," ujarnya.

Presiden Jokowi juga meminta seluruh masyarakat Papua harus bergembira menerima keputusan pemerintah karena telah menjadikan daerah itu tuan rumah pelaksana PON XX tahun 2020.

Menpora Zainudin menyatakan, Presiden Jokowi telah meminta kabinetnya untuk memberikan perhatian penuh kepada penyelenggaraan tuan rumah PON XX Papua yang berlangsung di Bumi Cenderawasih.

"Kami juga diminta untuk persiapkan penyelenggaraan PON, baik TNI, Polri, pemerintah provinsi dan daerah untuk sukseskan PON Papua," tegas Menpora Zainudin.
 
Menpora Zainudin Amali (kanan) didampingi legenda Persipura Jayapura Eduard Ivakdalam (tengah) ketika meninjau sejumlah venue PON XX di stadion Papua Bangkit yang terletak di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Kamis (13/02/2020). (ANTARA /HO-Paul MT)


Baca juga: Tinjau kesiapan PON 2020, Menpora sambangi Stadion Papua Bangkit

Baca juga: Menpora temui Gubernur Papua bahas venue 10 cabor


Selanjutnya pengamanan PON

Oleh Muhsidin
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KONI Babel gelar Pelatda persiapan jelang PON Papua

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar