Jakarta (ANTARA) - Huawei mendukung keputusan asosiasi telekomunikasi GSMA, sebagai penyelenggara, untuk membatalkan pameran teknologi terbesar Mobile World Congress (MWC) 2020.

Baca juga: Pameran teknologi terbesar MWC 2020 dibatalkan karena virus corona

“Huawei menghormati keputusan GSMA untuk membatalkan Mobile World Congress Barcelona 2020. Kami menghargai semua upaya yang telah dilakukan penyelenggara dan pemerintah Spanyol dalam acara ini,” ujar Christina Ou, Media Strategy Director Huawei Tech Investment, dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Huawei juga menyatakan selalu dan akan terus mendukung pengembangan acara Mobile World Congress di Barcelona. Namun, perusahaan asal China itu tidak menjelaskan lebih lanjut kapan akan memperkenalkan produk dan solusi terbaru yang seharusnya diumumkan dalam MWC 2020.

“Kami juga akan terus berkomunikasi dengan pelanggan dan mitra kami melalui acara online dan regional untuk menunjukkan produk dan solusi terbaru Huawei,” kata Christina.

Pertemuan industri telekomunikasi tahunan yang menarik lebih dari 100.000 pengunjung ke Barcelona itu dibatalkan setelah sejumlah raksasa teknologi menarik diri dari acara tersebut dikarenakan kekhawatiran terhadap wabah virus corona.

GSMA mengatakan telah membatalkan pameran teknologi yang akan digelar pada 24-27 Februari itu, meskipun otoritas kesehatan lokal maupun nasional yang menjamin bahwa acara tersebut aman untuk diadakan.

Sementara itu, dalam surat elektronik kepada peserta, Jumat, CEO GSMA, John Hoffman, mengatakan kesehatan dan keselamatan peserta pameran dan pengunjung selalu menjadi yang utama.

“Dengan memperhatikan lingkungan yang aman dan sehat di Barcelona dan negara tuan rumah saat ini, GSMA telah membatalkan MWC Barcelona 2020 karena kekhawatiran global terkait wabah coronavirus, masalah perjalanan, dan keadaan lainnya, membuat GSMA tidak mungkin menyelenggarakan acara tersebut,” ujar dia.

GSMA telah menjadi tuan rumah bagi individu dan organisasi selama 34 tahun di MWC. Sejak edisi pertama MWC di Barcelona pada tahun 2006, GSMA telah mengumpulkan industri, pemerintah, menteri, pembuat kebijakan, operator dan pemimpin industri di seluruh ekosistem teknologi.

“Pemerintah setempat menghormati dan memahami keputusan ini. GSMA dan pemerintah setempat akan terus bekerja sama dan mendukung satu sama lain untuk MWC Barcelona 2021,” ujar Hoffman.


Baca juga: ZTE tetap pameran di MWC 2020, pastikan karyawan bebas corona

Baca juga: MWC 2020 larang kedatangan wisatawan Hubei

Baca juga: Nokia bakal umumkan inovasi baru di MWC 2020
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020