Untuk tahun ini seperti di India dan juga ada kerja sama yang kita buat dengan beberapa perguruan tinggi di kawasan Eropa Timur,
Padang, (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menyatakan pihaknya menghentikan sementara program beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang ingin belajar di Republik Rakyat Tiongkok (RRT) akibat kasus virus Corona (COVID-19).

Sekretaris Balitbang SDM Kementerian Kominfo, Hariyati saat jumpa pers di Padang, Jumat, mengatakan pemberhentian ini dilakukan sementara dan untuk beasiswa luar negeri di negara lain tetap dilaksanakan.

“Untuk tahun ini seperti di India dan juga ada kerja sama yang kita buat dengan beberapa perguruan tinggi di kawasan Eropa Timur,” tambah dia.

Baca juga: Kominfo sosialisasikan program beasiswa pascasarjana di Sumbar

Ia mengemukakan untuk program beasiswa ke China ada di Universitas Shenhua Yang dan University of Beijing. Menurut dia program beasiswa ini sudah dimulai sejak 2017.

“Kita ada dua angkatan yang mengikuti program beasiswa di China ini pada 2017 dan 2018,” ujar dia.

Sementara itu untuk tahun ini karena penerimaan mahasiswa bersamaan dengan persoalan virus Corona di China sehingga ada arahan untuk pemberhentian program beasiswa ini.

Baca juga: Kominfo identifikasi 86 hoaks virus corona

“Pemerintah juga memulangkan mahasiswa yang belajar di China kembali ke tanah air karena kasus ini,” kata dia.

Ia menjelaskan pada mata anggaran 2020 ini, Kementerian Kominfo RI mengalokasikan anggaran sebesar Rp14 miliar yang diperuntukkan untuk program beasiswa pascasarjana di perguruan tinggi di dalam negeri dan luar negeri.

“Melalui kegiatan sosialisasi ini tentu kita berharap banyak masyarakat yang dapat mengikuti dan mendapatkan fasilitas beasiswa yang ada,” tambah dia.

Baca juga: Hati-hati di internet, Kominfo punya regulasi jerat perundung siber

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2020