Rupiah Jumat sore menguat tipis 1 poin, terimbas sentimen Virus Corona

Rupiah Jumat sore menguat tipis 1 poin, terimbas sentimen Virus Corona

Ilustrasi - Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/kye/am (ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI)

rupiah hari ini cenderung mengalami penguatan
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta akhir pekan ditutup menguat tipis di tengah sentimen Virus COVID-19.

Rupiah ditutup menguat tipis 1 poin atau 0,01 persen menjadi Rp13.693 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp13.694 per dolar AS.

Analis Bank Mandiri Rully Arya Wisnubroto di Jakarta, Jumat, mengatakan pergerakan rupiah hari ini masih cukup fluktuatif meski cenderung menguat.

"Faktor utama penggerak rupiah memang dari global, terutama Corona Virus. Tekanan cukup besar market ke safe haven. Namun secara umum kondisi ekonomi kita masih cukup baik," ujar Rully.

Dari domestik, pertumbuhan ekonomi dan inflasi relatif stabil. Sedangkan neraca perdagangan dan neraca transaksi berjalan membaik, yang didukung kebijakan yang akomodatif dari Bank Indonesia dan pemerintah.

"Oleh sebab itu, rupiah hari ini cenderung mengalami penguatan," kata Rully.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah di posisi Rp13.695 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp13.693 per dolar AS hingga Rp13.709 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Jumat menunjukkan, rupiah melemah menjadi Rp13.707 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp13.679 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah Jumat pagi melemah 11 poin

Baca juga: Rupiah melemah dibayangi sentimen COVID-19 yang terus makan korban
 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sejahterakan petani karet melalui unit pengolahan dan pemasaran

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar