Beijing (ANTARA) - Saham-saham China rebound dari penurunan awal menjadi berakhir lebih tinggi pada perdagangan Jumat, setelah sehari sebelumnya menghentikan kenaikan hari ketujuh berturut-turut karena investor merealisasikan akumulasi keuntungan mereka.

Indikator utama Indeks Komposit Shanghai naik 0,38 persen menjadi ditutup pada 2.917,01, sementara Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China berakhir 0,48 persen lebih tinggi menjadi 10.916,31.

Baca juga: Lanjutkan tren penurunan, saham China dibuka lebih rendah


Nilai transaksi gabungan saham yang mencakup kedua indeks tersebut mencapai 813 miliar yuan (sekitar 116,4 miliar dolar AS), menyusut dari 871,1 miliar yuan pada hari perdagangan sebelumnya.

Jumlah saham naik sama dengan yang turun masing-masing sebanyak 690 di bursa Shanghai dan di bursa Shenzhen sebanyak 1.142 saham turun dan 950 saham naik.

Perusahaan-perusahaan di sektor asuransi dan semikonduktor melihat pertumbuhan yang kuat dalam harga sahamnya, dengan saham Shenzhen Fine Made Electronics Group Co Ltd naik pada batas harian 10 persen menjadi 34,65 yuan per saham.

Baca juga: Saham China hentikan kenaikan hari ketujuh berturut-turut


Saham-saham di sektor masker, cloud gaming, dan pertanian memimpin penurunan. Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq China, bertambah 0,22 persen menjadi ditutup pada 2.069,22.

Baca juga: Saham China dibuka bervariasi setelah naik tujuh hari beruntun
 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020