Baharkam Polri dan ICITAP perkuat kerja sama keamanan

Baharkam Polri dan ICITAP perkuat kerja sama keamanan

Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto (kiri) bertemu dengan pimpinan The International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP). (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan Polri memperkuat hubungan kerja sama dalam bidang keamanan dengan The International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP) untuk Indonesia.

"Memperkuat hubungan kerja sama yang selama ini telah dibangun agar lebih intensif lagi," kata Komjen Agus melalui siaran pers, Jumat.

Pihaknya menerima kunjungan pimpinan ICITAP untuk Indonesia di Ruang Kerja Kabaharkam Polri, Mabes Polri, Jakarta.

Baca juga: Polairud Baharkam Polri tangani 442 kasus kejahatan laut selama 2019

Pimpinan ICITAP untuk Indonesia yang hadir terdiri dari Direktur John Gollogly, Kepala Operasi John Ruffcorn serta Koordinator Proyek Mara Katoppo dan Arief Budiyasa.

ICITAP merupakan lembaga di bawah Departemen Kehakiman Amerika Serikat yang menawarkan program bantuan pelatihan investigasi kriminal lewat kerja sama dengan berbagai negara yang kemudian berkembang menjadi lembaga yang membina stabilitas internasional dan peraturan hukum.

Baca juga: Baharkam Mabes Polri bantu ribuan warga prasejahtera Sampang

Agus mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah berfokus mendukung program pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, termasuk masyarakat pesisir.

"Bila masyarakat sejahtera, maka kejahatan akan turun. Kekayaan negara bocor pasti lewat pesisir dan banyak kejahatan masuk juga lewat pesisir sehingga kami akan perkuat masyarakat pesisir," kata Agus Andrianto.

Baca juga: Baharkam tahan tersangka pencurian di tanker MT Horizon

Untuk mendukung hal itu dan dalam rangka memonitor kegiatan operasional jajaran, Baharkam Polri telah membangun Command Center. Namun pusat kendali operasional ini masih kekurangan perangkat integrasi data.

Oleh karena itu, Kabaharkam Polri berharap ICITAP dapat membantu melengkapi perangkat integrasi data yang dibutuhkan Command Center Baharkam Polri.

Sebelumnya, Baharkam Polri dan ICITAP telah mengadakan berbagai kerja sama, salah satunya adalah proyek Information Fusion Center (IFC) di Ditpolair Kepulauan Riau.

IFC ini diharapkan dapat mendukung Polda Kepri dalam menindaklanjuti persetujuan kerja sama dalam bidang informasi dan pengawasan operasi kapal-kapal.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polisi gagalkan aksi pengiriman 12 Pmi ilegal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar