Presiden dijadwalkan resmikan Stadion Manahan Sabtu

Presiden dijadwalkan resmikan Stadion Manahan Sabtu

Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono (dua dari kanani), bersama Menteri Sekneg Pratikno (tiga dari kanan), Jubir Kepresiden Fadjroel Rahman (paing kanan), dan Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo (empat dari kanan) saat meninjau lapangan di Stadion Manahan Solo, Jateng Jumat (14/2/2020).

Solo (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Stadion Manahan Solo, sekaligus melihat langsung pertandingan sepak bola persahabatan antara Persis melawan Persib Bandung, di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (15/2) malam.

Awalnya rencana peresmian Stadion Manahan oleh presiden dilakukan bersamaan dengan peresmian kereta api bandara, pada Sabtu (29/2) atau akhir bulan, kata.Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, di sela kunjungan di Stadion Manahan Solo, Jumat.

Baca juga: PSSI : Stadion Manahan Solo hampir selevel GBK

Namun, kata Basuki, karena bersamaan acara pertandingan persahabatan tim Persis Solo melawan Persib Bandung dalam rangka HUT ke-20 Pasoepati, dan Hari Jadi ke-275 Pemkot Surakarta, Wali Kota Surakarta mengusulkan sekaligus diresmikan.

Menurut Basuki, Stadion Manahan Solo yang direnovasi dengan anggaran APBN dan menghabiskan dana sekitar Rp301,33 miliar tersebut sudah lama siap, dan akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Peresmian Stadion Manahan Solo, sekaligus untuk persiapan pertandingan sepak bola Piala Dunia U-20 pada 2021," kata Basuki.
Baca juga: Surakarta respon positif Manahan venue Piala Dunia U-20

Menurut Basuki, setelah acara peresmian Stadion Manahan Solo, diserahkan kepada pengelola karena kalau ada perbaikan masih dalam masa pemeliharaan. Namun, jangan dirusak meski masih masa pemeliharaan, dan harus dijaga.

"Jika suporter ada yang melakukan corat-coret atau fandalisme berarti yang menggagalkan Solo menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 adalah Pasoepati," kata Basuki.

Menyinggung perbaikan kawasan Stadion Manahan Solo, Basuki mengatakan Kemen PUPR yang akan melaksanakan, sekaligus renovasi empat lapangan pendukung untuk latihan tim peserta Piala Dunia U-20.

Baca juga: Solo bergerak benahi lapangan pendukung Piala Dunia U-20

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo mengaku ia yang mengusulkan peresmian Stadion Manahan kepada Presiden Jokowi agar dilakukan sebelum pertandingan persahabatan Persis melawan Persib, pada Sabtu (15/2) malam.

Bapak presiden, lanjutnya, menyetujui dan akan meresmikan langsung stadion sekaligus melihat pertandingan uji coba antara Persis Solo melawan Persib Bandung. Panitia penyelenggara dari suporter Pasoepati akan menyiapkan persiapan peresmian sebelum acara pertandingan persahabatan dimulai.

Stadion Manahan Solo setelah diresmikan oleh Presiden Jokowi, selanjutnya diserahkan pada Pemkot Surakarta dalam pengelolaannya. Stadion Manahan ini juga menjadi kandang tim Persis Solo dalam mengarungi kompetisi Liga 2 Indonesia 2020.

Baca juga: Ganjar bangga Manahan Solo tempat Piala Dunia U-20
Baca juga: FIFA tinjau Stadion Manahan kandidat Piala Dunia U-20

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar