Harapannya agar tidak kesulitan memperoleh tiket mudik karena saat ini kan persediaannya masih banyak
Solo (ANTARA) - Masyarakat mulai bisa memesan tiket kereta api (KA) untuk perjalanan mudik Lebaran 2020 sejak Jumat (14/2) pukul 00.00 WIB.

"Ketersediaan tiket ini baik menuju maupun berangkat dari Solo, tepatnya hingga H-10 Lebaran atau 14 Mei 2020," kata Kepala Stasiun Solobalapan Suharyanto di Solo, Jumat.

Ia mengatakan untuk ketersediaan tiket di Stasiun Solobalapan masih ada lebih dari 50 persen untuk semua KA.

Mengenai harga, dikatakannya, saat ini masih menggunakan harga normal, yaitu mulai dari Rp50.000-Rp600.000/penumpang. Pihaknya juga belum dapat memperkirakan berapa persen kenaikan harga tiket saat Lebaran mendatang.

"Biasanya menggunakan tarif batas atas, tetapi belum ditentukan," katanya.

Sementara itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar segera menjadwalkan agenda mudik sehingga bisa segera memesan tiket untuk perjalanan mudik Lebaran.

"Harapannya agar tidak kesulitan memperoleh tiket mudik karena saat ini kan persediaannya masih banyak," katanya.

Terkait dengan puncak arus mudik tujuan ke Solo, pihaknya memperkirakan akan terjadi sekitar H-3 dan H-4 Lebaran. Meski demikian, ia belum bisa memperkirakan berapa kenaikan jumlah penumpang.

Sedangkan mengenai penambahan armada, pihaknya juga belum dapat memperkirakan mengingat akan disesuaikan dengan permintaan masyarakat.

Sejauh ini, dikatakannya, untuk KA rute Solobalapan-Pasar Senen ada KA Senja Utama dan Mataram pagi, sedangkan untuk rute Stasiun Gambir ada Argo Lawu dan Argo Dwipangga. Selain itu, untuk tujuan Surabaya, dikatakannya, hanya ada KA terusan dari Stasiun Solobalapan.



Baca juga: 879.736 tiket KA Lebaran 2020 dari Daop 1 Jakarta sudah bisa dipesan
Baca juga: Daop Surabaya siapkan 33 KA Lebaran, tiket bisa dibeli 14 Februari
Baca juga: Pekan ini tiket KA untuk Lebaran sudah bisa dibeli

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020