Jakarta (ANTARA) - Tak hanya meluncurkan seri New Mini Clubman, Mini Indonesia juga memboyong seri terbaru Mini John Cooper Works dengan mesin 306 HP (horse power) di Jakarta, Jumat, dan menyebut dua varian itu sebagai mobil dengan mesin paling kuat dalam sejarah Mini.

Performanya dioptimalkan sehingga kedua model ini merupakan kendaraan Mini paling cepat yang diperbolehkan secara legal di jalan raya.

Baca juga: Tampilan Cooper Countryman 2020 bocor, apa perubahannya?

Berada dalam segmen mobil kompak sports premium, Mini John Cooper Works Clubman dan Countryman ini mempertegas keunggulannya di bagian dapur pacu.
 
Mobil New Mini John Cooper Works Clubman yang diluncurkan di Jakarta, Jumat (14/2/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Mesin yang disematkan di kedua mobil ini menghasilkan tenaga sebesar 306 HP pada 5.000-6.250 rpm dan torsi maksimum 450 Nm pada 1.750-4.500 rpm.

Mini John Cooper Works Clubman dan Countryman menggunakan mesin yang sama, dengan spesifikasi 2.000cc 4-silinder segaris yang dilengkapi teknologi Mini TwinPower Turbo.

Generasi terbaru dari mesin 4-silinder dengan teknologi MINI TwinPower Turbo tingkatkan performa mesin sebesar 32 persen menjadi 306 HP dan torsi bertambah 29 persen menjadi 450 Nm, memotong akselerasi 0-100km/jam sebesar -1.4 detik untuk menembus penghalang 5 detik dengan rekor 4.9 detik.

Pada kedua model, transmisi 8-percepatan Steptronic sports baru dipasang sebagai standar, termasuk kunci diferensial mekanis pada gandar depan, sistem penggerak semua-roda ALL4, sasis yang dirancang khusus, dan modifikasi penguatan tambahan untuk struktur bodi, koneksi mesin dan pengencang sasis.
 
Model berpose di samping New Mini John Cooper Works Countryman yang diluncurkan di Jakarta, Jumat (14/2/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Kedua model ini juga digerakkan oleh ALL4 standar yang memainkan peran sentral dalam mengoptimalkan traksi, kelincahan, dan stabilitas berkendara.

Pengontrol cerdas sistem ALL4 saling berhubungan dengan DSC (Dynamic Stability Control) dan menghitung rasio distribusi daya ideal antara roda depan dan belakang secara berkesinambungan.

Fitur desain eksterior khas Mini John Cooper Works yang terlihat modern dan dinamis rupanya juga berfungsi untuk optimalkan fitur aerodinamika kendaraan serta desain saluran udaranya.
 
Lampu LED depan New Mini John Cooper Works Countryman yang diluncurkan di Jakarta, Jumat (14/2/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)


Aksentuasi model khas MINI John Cooper Works di eksterior termasuk cat kontras merah untuk atap dan tutup spion, desain individual untuk scuttles samping yang dekat lampu isyarat tambahan, dan logo John Cooper Works di grille radiator dan tailgate.

Lampu depan LED Adaptif dengan teknologi Matrix LED Headlight, lampu belakang, dan body kit aerodinamis juga berikan tampilan baru pada new MINI John Cooper Works Clubman.

Mobil ini memiliki lima bangku di dalamnya dan memiliki ruang kaki yang cukup luas. Ia juga dilengkapi dengan sistem suara Harman Kardon 360 watt - 12 speaker, Head-Up Display, Bluetooth, Wireless Charging for Mobile Phones, Apple CarPlay dan MINI Navigation System termasuk layar sentuh 8,8 inci.
 
Bagian dalam New Mini John Cooper Works Countryman yang diluncurkan di Jakarta, Jumat (14/2/2020). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Keamanan dijamin melalui fungsi Park Assist yang secara otomatis mengarahkan kendaraan masuk ke tempat parkir paralel.

Fungsi Park Distance Control untuk bagian depan dan belakang mengukur ruang di kedua sisi kendaraan saat dimanuver ke tempatnya. Kamera belakang juga tersedia untuk memudahkan pengemudi saat parkir mundur.

New Mini John Cooper Works Clubman dan New Mini John Cooper Works Countryman masing-masing dibanderol Rp1,13 miliar dan Rp1,17 miliar off the road.

Baca juga: New Mini Clubman mengaspal di Indonesia, ini spesifikasi dan harganya

Baca juga: MINI luncurkan seri New Clubman dan John Cooper Works di Indonesia

Baca juga: MINI Cooper Indonesia cetak rekor penjualan
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020