Jakarta (ANTARA) - Kepala tim Mercedes Toto Wolff mengungkapkan jika musim balapan Formula 1 2020 menjadi tahun terberat dalam pengembangan mobil.

Pasalnya, tahun ini adalah musim transisi ke 2021, dimana akan diterapkan perombakan regulasi besar-besaran dan aturan batasan bujet bagi setiap tim yang berkompetisi.

Baca juga: Mercedes ungkap mobil penantang musim balap 2020

Baca juga: Hamilton merasa dirinya di level berbeda musim ini


"Ini adalah tantangan yang teramat besar," kata Wolff seperti dikutip laman resmi F1.

"Kami memiliki perubahan peraturan dalam beberapa tahun terakhir, tapi kali ini kami menangani satu proyek untuk dua tahun.  2020 akan menjadi musim paling sulit, tapi juga suatu kesempatan yang luar biasa.

"Setiap kali kalian terlambat memulai dari kompetitor kalian, akan sulit untuk mengejar. Kalian juga akan memiliki batasan bujet, yang berarti kalian memiliki sumber daya yang lebih sedikit pada 2021.

Wolff bersama Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas akan berupaya meraih gelar ganda, konstruktor dan pebalap untuk ketujuh kali secara beruntun bagi Mercedes tahun ini.

Mobil baru mereka, W11 telah diluncurkan di Sirkuit Silverstone, Inggris pada Jumat waktu setempat untuk menjalani sesi shakedown.

Bottas mendahului Hamilton untuk menjajal W11 di trek yang terletak di Northamptonshire itu.

Baca juga: SF1000 tumpuan Ferrari benahi kelemahan tahun lalu

Baca juga: Ferrari pilih Vettel ketimbang Hamilton untuk 2021


Technical Director James Allison mengungkapkan pentingya sesi tersebut sebelum tim dan pebalap menjalani tes pramusim di Barcelona pada 19 Februari nanti.

"Ini adalah kesempatan terakhir kami untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana sebelum hari pertama tes resmi musim dingin. Jika semuanya berjalan lancar di shakedown, kami akan siap berada di garasi pada pukul 9 di Barcelona dan segera melaju," kata Allison.

Tahun lalu Mercedes menurunkan satu mobil di sesi shakedown, namun membawa mobil yang sama sekali berbeda spesifikasinya di pekan kedua tes pramusim.

Namun Allison mengatakan mereka tak akan mengulangi hal itu tahun ini.

"Kami akan lebih konvensional tahun ini. Kami masih memiliki upgrade untuk Melbourne yang akan datang pada pekan kedua tes.

Baca juga: Red Bull dilarang telat panas jika ingin juara, kata Verstappen

Baca juga: Duet Norris dan Sainz turut andil dalam mendesain McLaren MCL35

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020