Proses likuidasi besar-besaran yang mendorong harga turun tajam bulan lalu kemungkinan telah berakhir....
New York (ANTARA) - Harga minyak naik lebih dari satu persen pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), membukukan kenaikan mingguan pertama sejak awal Januari, karena investor bertaruh dampak ekonomi dari virus corona akan berumur pendek dan berharap stimulus bank sentral China lebih lanjut untuk mengatasi perlambatan.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman April naik 0,98 dolar AS atau 1,74 persen menjadi ditutup pada 57,32 dolar per barel. Brent menguat 5,23 persen sejak Jumat lalu (7/2/2020), kenaikan mingguan pertama dalam enam pekan terakhir.

Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret berakhir 0,63 dolar AS atau 1,23 persen lebih, menjadi 52,05 dolar AS per barel. WTI mencatat kenaikan mingguan 3,44 persen.

"Proses likuidasi besar-besaran yang mendorong harga turun tajam bulan lalu kemungkinan telah berakhir dan digantikan oleh akumulasi serta short-covering dari spekulan yang baru-baru ini memasuki pasar," Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates, mengatakan dalam sebuah catatan.

Baca juga: Harga minyak naik ditopang prospek penurunan produksi OPEC+

Brent telah turun sekitar 15 persen tahun ini sebagian karena kekhawatiran wabah virus corona akan menghambat ekonomi global. Lebih dari 1.380 orang telah meninggal akibat virus di China.

Namun, sentimen pasar membaik ketika pabrik-pabrik di China mulai dibuka kembali dan pemerintah melonggarkan kebijakan moneter dalam ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, lonjakan dalam kasus-kasus yang dilaporkan di China tidak berarti epidemi lebih luas tetapi mencerminkan keputusan untuk mereklasifikasi tumpukan dari kasus-kasus yang diduga.

"Tesis dasar kami tetap bahwa penghancuran permintaan minyak sebagian besar masih merupakan kisah China dan belum meluas untuk mempengaruhi permintaan global," kata Helima Croft, kepala strategi komoditas di Citadel Magnus.

Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan wabah itu akan menurunkan permintaan minyak kuartal pertama dari tahun sebelumnya untuk pertama kalinya sejak krisis keuangan 2009.

Menanggapi penurunan permintaan, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan produsen sekutu, yang dikenal sebagai OPEC+, sedang mempertimbangkan untuk memperdalam pengurangan produksi.

Baca juga: AS jamin virus corona tak terlalu pengaruhi harga minyak

Kremlin mengatakan belum mencapai keputusan tentang pembatasan produksi lebih lanjut. Tetapi sumber-sumber industri mengatakan meningkatnya pasokan minyak di Rusia dan janji akan membanjirnya dolar dari penjualan bank terkemuka memperkuat kasus ini.

Bank investasi UBS mengatakan dalam sebuah catatan bahwa kekhawatiran permintaan komoditas kemungkinan akan bertahan dan "kelas aset akan menunjukkan sedikit volatilitas yang wajar dalam beberapa minggu mendatang."

"Kami menganggap aktivitas ekonomi China serta permintaan komoditas akan pulih" mulai kuartal kedua, katanya.

Di Amerika Serikat, perusahaan energi meningkatkan rig minyak selama dua minggu berturut-turut, menambahkan dua rig dan totalnya menjadi 678 rig, kata perusahaan jasa energi Baker Hughes Co.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020