Kemarin, akses pasar Selandia Baru hingga sensus penduduk online

Kemarin, akses pasar Selandia Baru hingga sensus penduduk online

Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil (kedua kiri), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio (ketiga kanan) dan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Doso Agung (kanan) saat meninjau rencana pengembangan Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Jumat (14/2/2020). Pemerintah berencana mengembangkan Pelabuhan Benoa menjadi pelabuhan pusat pariwisata maritim atau “Benoa Maritime Tourism Hub” yang ditargetkan selesai pada Desember 2023. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (14/2) mulai dari membuka peningkatan akses pasar ke Selandia Baru hingga sensus penduduk online.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.

1. Hadiri SOMTIF ke-7, RI perjuangkan akses pasar ke Selandia Baru

Indonesia terus berupaya membuka peningkatan akses pasar ekspor Indonesia ke Selandia Baru untuk akses pasar tenaga kerja dan produk pertanian sehingga hubungan bilateral kedua negara terus meningkat.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Iman Pambagyo yang menjadi ketua Delegasi RI saat menghadiri Forum Senior Official’s Meeting on Trade and Investment Framework (SOMTIF) ke-7 di Wellington, Selandia Baru.

Berita selengkapnya di sini

Baca juga: China siap tingkatkan akses pasar komoditas pertanian Indonesia

2. Bertemu USTR, Mendag sebut GSP rampung bulan depan

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menjelaskan hasil pertemuannya dengan Kantor Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat (United State Trade Representative/USTR) terkait fasilitas keringanan bea masuk atau Generalized System of Preferences (GSP) akan rampung bulan depan.

“Kira-kira satu bulan ke depan ini ada yang sangat signifikan progresnya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini ada progresnya,” katanya di Washington, AS, Kamis.

Berita selengkapnya di sini

Baca juga: Kemendag terbitkan Permendag larangan impor binatang hidup dari China

3. KKP siapkan strategi dorong industri budi daya lobster nasional

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah menyiapkan berbagai strategi untuk mendorong industri budi daya lobster dengan merujuk kepada masukan dan keinginan masyarakat pembudi daya benih komoditas tersebut.

"Kata kunci pemanfaatan nilai ekonomi dan perlindungan kelestarian sumber daya benih lobster sebenarnya di budi daya. Oleh karena itu, tidak ada alasan ke depan untuk tidak mendorong industri budi daya lobster nasional," kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya di sini
Baca juga: Kiara ingatkan aturan terkait lobster tidak hanya untungkan pengusaha

4. Erick Thohir: Nilai investasi Benoa Maritime Tourism Hub Rp5,3 triliun

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan bahwa nilai investasi pengembangan Benoa Maritime Tourism Hub sebesar Rp5,3 triliun.

"Nilai investasinya Rp5,3 triliun, dari cash flow di Kementerian BUMN, baik PT Pelindo III maupun BUMN yang lain sebesar Rp4,2 triliun, sisanya nanti ada penyertaan modal negara (PMN)," ujar Erick Thohir saat meninjau pengembangan Benoa Maritime Tourism Hub di Nusa Dua, Bali, Jumat.

Berita selengkapnya di sini
Baca juga: Erick Thohir minta BUMN bangun proyek dengan perhatikan kearifan lokal

5. Sensus penduduk online dibuka dini hari, BPS: Cukup siapkan KTP dan KK

Badan Pusat Statistik (BPS) akan memulai pendataan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) secara daring "online" mulai Sabtu 15 Februari atau dini hari nanti pukul 00.00 WIB menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan bahwa masyarakat hanya perlu menyiapkan e-KTP dan Kartu Keluarga (KK) yang di dalamnya terdapat Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Berita selengkapnya di sini
Baca juga: BPS proyeksikan penduduk Indonesia pada 2045 capai 319 juta jiwa

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KBRI Wellington imbau WNI patuhi pemerintah Selandia Baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar