Sepekan, dari operasi pasar hingga Formula E di Monas

Sepekan, dari operasi pasar hingga Formula E di Monas

FILE PHOTO: Motorsport - Formula E - Berlin ePrix - Berlin-Tempelhof, Berlin, Germany - May 25, 2019. REUTERS/Hannibal Hanschke/File Photo (REUTERS/Hannibal Hanschke)

Jakarta (ANTARA) - Sepanjang pekan kedua Februari 2020, berbagai perkembangan di ibu kota disiarkan Desk Metropolitan Redaksi Kantor Berita ANTARA.

Mulai dari operasi pasar untuk menekan harga kebutuhan pokok di Jakarta, hingga pengumuman lintasan balap Formula E di Monas yang akan dilaksanakan pada 6 Juni 2020.

Berikut rangkumannya:

1. Digelontorkan 20 ton cabai untuk turunkan harga di Jakarta

Kementerian Pertanian bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar operasi pasar di 22 pasar di wilayah Jakarta dengan menggelontorkan sedikitnya 20 ton cabai untuk menurunkan harga cabai yang sempat mencapai Rp100 ribu per kilogram.

Operasi pasar dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Relokasi Lenggang Jakarta ke Gambir terkait revitalisasi masih dikaji

Relokasi pusat kuliner, oleh-oleh dan cinderamata di kawasan Monumen Nasional (Monas), Lenggang Jakarta, ke kawasan yang mendekati Stasiun Besar Gambir terkait Revitalisasi Monas, masih dikaji.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (DPPUKM) DKI Jakarta Elizabeth Ratu Rante Allo di Jakarta, Minggu, mengatakan relokasi tersebut masih dikaji karena pertimbangan lokasi dan kapasitas.

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.

3. Thermalscan diprediksi deteksi 20 persen corona, DKI perkuat Puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyebutkan prediksi alat deteksi suhu tubuh (Thermal Scanner) hanya bisa mendeteksi 20 persen kemungkinan kasus terjangkit Virus Novel Corona (2019-nCoV) sehingga Pemprov DKI memperkuat pengawasan hingga tingkat Puskesmas.

"Kemudian di terminal-terminal pintu masuk Jakarta, kalau diprediksi hanya bisa mendeteksi 20 persen dari kemungkinan kasus. Karenanya penguatan kami adalah di fasilitas kesehatan hingga tingkat Puskesmas," kata Widyastuti di Balai Kota Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaludin (kanan) meninjau Terminal III Bandara Soekarno-Hatta terkait penghentian sementara layanan penerbangan dari Jakarta ke sejumlah kota di China guna mencegah penyebaran virus corona sebagaimana pemerintah menunda penerbangan tersebut mulai Rabu (5/2). ANTARA/HO/AP II
4. Ganti Wesel, KCI rekayasa rute Bogor dan Bekasi hanya sampai Manggarai

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bersama dengan Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 1 merekayasa layanan kereta rel listrik (KRL) untuk tujuan Stasiun Bogor/Depok dan Bekasi hanya sampai Stasiun Manggarai akibat penggantian wesel di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota.

"PT KCI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul karena rekayasa pola operasi ini. Namun rekayasa pola perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan dan mengantisipasi kepadatan antrean KRL di lintas Stasiun Cikini – Stasiun Jakarta Kota selama pekerjaan berlangsung,” kata Vice President Corporate Communications PT KCI, Anne Purba dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.

5. Antisipasi keamanan LRT-MRT, DKI tengah ujicobakan robot pemadam

Dalam mengantisipasi keamanan sistem transportasi di Jakarta, khususnya Light Rail Transit (LRT) dan Moda Raya Terpadu (MRT), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta saat ini tengah mengujicobakan robot pemadam kebakaran.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan saat dihubungi di Jakarta, Rabu, mengatakan robot Dok-ing MVF-U3 asal Kroasia tersebut sudah datang ke Jakarta sejak 6 Februari 2020 ini dengan penganggaran tahun 2019.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
Petugas mengoperasikan robot damkar LUF 60 saat didemontrasikan di Kantor Dinas PKP DKI Jakarta, Duri Pulo, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
6. Revitalisasi Monas, 191 pohon ditebang diindikasikan "dimanfaatkan"

191 pohon berjenis mahoni, trembesi hingga Jati yang ditebang di Monumen Nasional (Monas) sisi selatan yang tengah direvitalisasi, diindikasikan telah dimanfaatkan untuk menjadi produk-produk tertentu.

Hal tersebut diungkapkan Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) DKI Jakarta yang mengatakan pemanfaatan tersebut memang biasa dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta jika melakukan penebangan.

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.

7. Sekda: Rekomendasi Formula E Monas ada kesalahan tapi bukan manipulasi

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengakui rekomendasi Formula E berlokasi di Monas dalam surat balasan Gubernur DKI Anies Baswedan ada kesalahan tetapi bukan merupakan manipulasi.

Surat yang dimaksud Saefullah itu, adalah surat bernomor 61/-1.857.23 dan diterbitkan tanggal 11 Februari 2020 yang menyebutkan bahwa Pemprov DKI Jakarta telah mendapatkan rekomendasi Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) DKI Jakarta untuk penggunaan Monas sebagai arena sirkuit Formula E yang disebut seharusnya datang dari Tim Sidang Pemugaran (TSP).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

8. Jakpro dan FIA resmi umumkan penyelenggaraan Formula E di Monas

BUMD Jakarta Propertindo (Jakpro) bersama FIA (Federation internationale de l'automobile) Formula E Championship secara resmi mengumumkan penyelenggaraan balap mobil bertenaga listrik ini di kawasan Medan Merdeka termasuk kawasan bersejarah Monas setelah awalnya sempat dilarang oleh Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka.

Dalam video yang diputar pada acara Media Briefing di Hotel Novotel Cikini, Jumat, nantinya balap mobil itu akan dimulai (start) dari depan Balai Kota Provinsi DKI Jakarta di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Berita selengkapnya bisa dilihat di sini.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Banjir menyisakan sejumlah bangunan rusak di Cipinang Melayu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar