Gubernur Jatim-Pangdam tanam rumput vetiver di kaki Gunung Semeru

Gubernur Jatim-Pangdam tanam rumput vetiver di kaki Gunung Semeru

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono bersama pejabat lainnya saat menanam rumput vetiver di kaki Gunung Semeru di kawasan Ranupani, Kabupaten Lumajang, Sabtu (15/02/2020). (ANTARA Jatim/Humas Pemprov Jatim/fa)

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi serta unsur lain menanam 50 ribu rumput vetiver di kaki Gunung Semeru.

“Penanaman vetiver untuk konservasi tanah dan air dalam rangka pemulihan daerah aliran sungai,” ujar Khofifah di sela penanaman di kawasan Ranupani di Kabupaten Lumajang, Sabtu.

Penanaman rumput vetiver, kata dia, juga menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo sebagai bentuk konservasi alam.

Baca juga: 58.280 rumput vetiver ditanam di tanggul rawan longsor Indramayu

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu menyampaikan terima kasih pada kelompok tani hutan bersama Kodam V/Brawijaya yang sudah berkenan menanam vetiver.

“Ke depan akan terus ditanam sampai 200 ribu. Vetiver ini butuh air sehingga ditanam saat musim hujan,” ucap gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

Menurut dia, kelebihan vetiver yakni memiliki akar sampai enam meter ke dalam tanah.

Pada kesempatan sama, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi mengatakan penanaman rumput vetiver akan terus dilakukan dengan koordinasi antara Korem serta Kodim di jajarannya.

“Penanaman ini tidak hanya di dataran tinggi, tapi bisa juga di tanggul sungai karena fungsinya untuk mengikat tanah sekaligus meminimalisasi dampak bencana longsor,” kata jenderal TNI bintang dua tersebut.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Gubernur Khofifah sambut kedatangan puluhan warganya dari Wuhan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar