Mendagri apresiasi kekompakan pemda layanani WNI observasi di Natuna

Mendagri apresiasi kekompakan pemda layanani WNI observasi di Natuna

Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar. (ANTARA/Boyke Ledy Watra)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, mengapresiasi kekompakan Pemerintah Daerah untuk melayani WNI peserta observasi di Natuna.

"Pak Mendagri mengapresiasi kekompakan Pemda seluruh Indonesia yang melayani dan kembali menyambut para WNI kita yang telah menjalani observasi di Natuna," kata Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar di Jakarta, Sabtu.

Ia juga meminta agar masyarakat setempat dapat menerima para WNI setelah dinyatakan benar-benar sehat dan tidak terpapar virus corona.

"Masyarakat harus menerima kembali para warganya, tidak ada perlakuan istimewa karena mereka benar-benar sehat walfiat, sudah dipastikan melalui hasil observasi.," kata dia.

Apresiasi kata dia, juga disampaikan kepada Pemda dan masyarakat Natuna yang telah kooperatif dalam menerima WNI yang diobservasi di wilayahnya.

Menurut Bahtiar, keberhasilan proses observasi tak luput dari kerjasama Pemda dan dukungan sari masyarakat Natuna.

"Alhamdulillah proses observasi berjalan lancar, semuanya sehat hingga bisa kembali pulang ke kampung halaman masing-masing. Kompak luar biasa seluruh pemerintah daerah dan warga," katanya.

Pemerintah mengembalikan 238 orang WNI dari Wuhan, China, ke keluarga mereka setelah selesai menjalani observasi. Kepulangan WNI tersebut dilepas oleh warga Natuna, Kepulauan Riau.

Para WNI yang dibawa ke Halim Perdanakusuma sebelum kembali ke daerah asal masing-masing. "Mari kita berdoa kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi warga masyarakat bangsa Indonesia dari cobaan apapun," ujarnya.

Baca juga: Ayah WNI peserta observasi Natuna sempat kuatkan anaknya soal syahid

Baca juga: Menkes-WHO satu pesawat dampingi WNI peserta observasi Natuna

Baca juga: WNI peserta observasi ingin kembali ke Wuhan

Baca juga: Orang tua mahasiswa dari Wuhan tunggu kedatangan anaknya di Juanda

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemendagri minta dana darurat APBD penuhi kebutuhan tenaga medis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar