Jember (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur mengirimkan sebanyak 10.000 masker untuk warganya di Hong Kong seiring merebaknya virus corona.

"Masker saat ini menjadi barang yang sangat penting bagi warga negara Indonesia yang ada di Hong Kong," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember Diah Kusworini di Jember, Sabtu.

Menurutnya pentingnya masker di Hong Kong setelah merebak wabah virus corona yang telah menelan banyak korban jiwa warga setempat.

"Untuk membantu meringankan WNI, utamanya yang berasal dari Jember, Pemerintah Kabupaten Jember mengirimkan masker," katanya.

Pemkab Jember mengirim sebanyak 10.000 masker melalui Kantor Pos Jember yang dilakukan pada Sabtu ini.

Ia mengatakan pihaknya sebelumnya telah menerima arahan dari Bupati Jember Faida untuk mengirim masker kepada WNI Jember yang ada di Hong Kong.

"Pengiriman masker tersebut sudah diproses melalui PT Pos Indonesia Jember dengan mengikuti ketentuan yang berlaku," katanya.

Ia menjelaskan masker tersebut untuk membantu warga asal Jember di Hong Kong yang memerlukan bantuan guna meminimalisir penularan virus corona.

"Kami berharap masker itu dimanfaatkan semaksimal mungkin karena penggunaan masker merupakan salah satu upaya untuk pencegahan menularnya virus corona," ujarnya.

Ia menjelaskan pihaknya akan memantau terus perkembangan pengiriman paket bantuan masker yang dikirim secara kilat dan dikemas sesuai prosedur di Kantor Pos itu.

“Proses dari sini lancar dan akan terus dipantau hingga sampai ke Hong Kong dan pihak penerima yang di sana juga sudah disertakan," katanya.
Baca juga: PMI kirim 20 ribu masker ke Pulau Natuna
Baca juga: PMI NTT di Hong Kong minta bantuan pemprov kirim masker
Baca juga: Pemkab Batang kirim 8.000 masker ke Hong Kong

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2020