Semarang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memastikan warga yang pulang dari daerah penularan penyakit akibat infeksi virus corona baru (COVID-19) di Provinsi Hubei, China, dan sudah selesai menjalani observasi selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau, dalam keadaan sehat dan tidak membutuhkan perlakuan khusus.

"Tidak ada perlakuan khusus, wong mereka ini sudah dinyatakan sehat kok. Oleh karena itu jangan ada kekhawatiran," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo di Semarang, Sabtu (15/2) malam.

Ia menjelaskan bahwa sepuluh warga Jateng yang selesai menjalani observasi selama 14 hari di Natuna sudah kembali ke rumah masing-masing.

"Yang turun di sini (Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang) ada lima, dari Semarang ada dua, Kendal, Pati dan Sukoharjo. Sisanya ada yang turun di (Bandara Adi Sucipto) Yogyakarta tiga orang, dua orang lagi naik kendaraan darat," ia memerinci.

Menurut Yulianto, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memfasilitasi pemulangan mereka dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta ke daerah asal mereka.

​​​​​​"Disiapkan kendaraan untuk pulang ke rumah masing-masing, namun ada juga yang dijemput keluarganya," kata dia, menambahkan, petugas Dinas Kesehatan akan memantau kondisi mereka.

Ia menjelaskan pula bahwa lima warga Jateng yang telah menjalani observasi di Natuna dan tiba di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang pada Sabtu (15/2) pukul 21.49 WIB tidak bersedia diwawancarai media massa.

"Mohon maaf karena privasi dan atas permintaan pribadi, yang bersangkutan tidak bersedia diliput," katanya.

Baca juga:
Pemerintah janji akan bantu urusan WNI di Wuhan
Menkes: WNI selesai observasi virus corona tidak dilarang berkerumun

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020