Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Syarif Hasan mengatakan bahwa aktivitas Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang belakangan kerap mengunjungi kader di daerah sebagai langkah konsolidasi menjelang kongres partai yang dijadwalkan pada Mei 2020.

"AHY ini 'kan juga salah satu wakil ketua umum, jadi tentu salah satu tugasnya dalam melakukan konsolidasi ke seluruh Indonesia," ujar Syarif di Jakarta, Minggu.

Syarif mengatakan bahwa konsolidasi ke sejumlah daerah oleh AHY tersebut merupakan hal yang wajar.

Ia berharap kehadiran putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono itu ke daerah-daerah dapat membuat kader optimistis dengan kepemimpinan partai berlambang segitiga mercy pada masa yang akan datang.

Baca juga: AHY dukung penuh Yansen maju di Pilgub Kaltara

Baca juga: AHY beri "lampu hijau" usung kader Demokrat di Pilkada Riau


"Jadi, mudah-mudahan dengan konsolidasi itu para kader bisa memahami bahwa memang di Partai Demokrat ini makin banyak orang yang berkualitas, seperti Mas AHY, itu 'kan bagus untuk menjadi pemimpin masa depan," ucap Syarif.

Terkait dengan peluang AHY untuk menjadi ketua umum partai, Syarif mengatakan bahwa hal itu tergantung pada keputusan dalam kongres mendatang, termasuk pula potensi dirinya menjadi calon tunggal dalam bursa calon ketua umum partai itu.

"Apakah calon tunggal, apakah ada persaingan, saya pikir sama saja, ya, 'kan. Yang penting kami mendapatkan ketua umum atau pemimpin yang betul-betul diamanahkan oleh kongres," kata Syarif.

Diketahui, Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Hari Murti Yudhoyono melakukan kunjungan ke sejumlah daerah untuk berkonsolidasi dengan para kader sejak pertengahan Januari 2020.

Beberapa daerah yang dikunjungi oleh mantan anggota TNI AD dengan pangkat terakhir mayor itu, antara lain Bandar Lampung, Jambi, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Riau, dan Kalimantan Utara.

Baca juga: AHY: Pers menjadi pilar utama demokrasi

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020