Rejang Lebong (ANTARA) - Ratusan mahasiswa dari 34 perguruan tinggi di Tanah Air datang ke Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu guna mempelajari dunia pertanian di daerah itu.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Rejang Lebong Zulkarnain MT, Minggu, saat menerima 145 mahasiswa pertanian dari 34 universitas yang ada di Sumatera maupun Jawa itu tergabung dalam kegiatan Expedisi Nasional Bumi Rafflesia 2020 yang diselenggarakan Himagrotek Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu (Unib) terhitung 16-19 Februari.

"sebanyak 145 mahasiswa ini berasal dari jurusan agroteknologi atau agroekoteknologi yang berasal dari 34 universitas baik yang ada di Sumatera maupun Jawa, mereka ini akan tinggal di rumah-rumah penduduk dalam lima desa di Kecamatan Selupu Rejang yang menjadi sentra sayuran di Kabupaten Rejang Lebong," kata dia.

Ratusan mahasiswa ini tambah dia, nantinya akan melihat apa saja permasalahan yang dihadapi petani seperti harga jual, hama penyakit dan kebutuhan para petani dalam mengembangkan usaha pertanian sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani.

Selain itu kalangan mahasiswa ini juga akan memberikan pemahaman kepada masyarakat petani di masing-masing desa untuk beralih menjadi petani organik, kemudian juga mengajarkan cara pembuatan rumah kompos.

Hasil dari kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa selama empat hari itu sendiri kata Zulkarnain nantinya akan dipaparkan kepada Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, sehingga nantinya bisa menjadi bahan untuk pengambilan kebijakan dalam bidang pertanian di wilayah itu.

Dia berharap, kegiatan mahasiswa pertanian itu bisa menjadi agenda rutin sehingga bisa bermanfaat bagi petani di Rejang Lebong, karena menurutnya hadirnya para mahasiswa ini bisa memberikan inovasi dalam dunia pertanian setempat.

Dengan adanya kegiatan mahasiswa pertanian di wilayah itu kata dia, memberikan hal yang positip selain bisa memberikan inovasi dunia pertanian juga bisa mempromosikan potensi yang dimiliki Rejang Lebong terutama sektor pariwisata di tempat asal mereka masing-masing.***1***

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020