Usai diobservasi di Natuna, mahasiswi Tanah Datar tiba di Batusangkar

Usai diobservasi di Natuna, mahasiswi Tanah Datar tiba di Batusangkar

Asisten I Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar Suhermen memperlihatkan surat pernyataan sehat Diva Athalia Salsabila, mahasiswi kedokteran Hubei Polytechnic University, China dari Kemenkes RI di Batusangkar usai 14 hari diobservasi di Natuta, Kepulauan Riau. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkab Tanah Datar)

Kami akan terus memantau perkembangan kesehatan Diva pasca-observasi 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau meski dia memiliki surat pernyataan sehat dari Kemenkes
Batusangkar, (ANTARA) - Setelah mengikuti observasi selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau, satu mahasiswi asal Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat yang kuliah di kedokteran Hubei Polytechnic University, China, Diva Athalia Salsabila tiba di kampung halamannya Kota Batusangkar.

"Kami turut bahagia terkait kepulangan warga kami ini setelah diobservasi di Natuna," kata Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi yang diwakili Asisten I Suhermen di Batusangkar Senin.

Kepulangan mahasiswi tersebut disambut baik oleh pemerintah daerah diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Tanah Datar Suhermen, Kepala Dinas Kesehatan dr Yesrita, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, Dinas Sosial dan PMI di Batusangkar, Minggu (16/2).

Terkait mewabahnya virus COVID-19 yang ada di Wuhan, China, Bupati mengharapkan masyarakat setempat tidak perlu gelisah terhadap kondisi Diva dan warga diminta tidak termakan berita palsu.

"Kami bersyukur dia telah pulang dengan selamat dan sehat, ke depan melalui dinas terkait akan dilakukan pemantauan kesehatan termasuk kepada masyarakat yang pulang dari China," kata  Suhermen.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita mengatakan pihaknya akan terus memantau perkembangan kesehatan Diva pasca-observasi 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau meski dia memiliki surat pernyataan sehat dari Kemenkes.

"Dinkes akan melakukan surveilans yang dilakukan pihak puskesmas, kemudian pihak puskesmas akan mendatangi rumah Diva untuk melihat kondisinya," katanya.

Ia berharap masyarakat tidak gelisah dengan kondisi Diva dan termakan berita palsu terkait maraknya penyebaran virus COVID-19.

Masyarakat diminta tetap menjaga kesehatan dan membudayakan hidup bersih, demikian Yesrita.

Baca juga: Khawatir Virus Corona, kunjungan turis China ke Tanah Datar dibatalkan

Baca juga: Hasil pemeriksaan pasien Sumbar dicurigai corona dikirim ke Litbangkes

Baca juga: Ombudsman ingatkan Pemprov Sumbar tetap waspada terhadap virus corona

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Akad nikah di tengah pandemi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar