BNPB bantu jembatan penunjang MTQ Nasional di Sumbar

BNPB bantu jembatan penunjang MTQ Nasional di Sumbar

Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Rifai bersama Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dan Sekdaprov Alwis meninjau jembatan yang terkena bencana di Padang Pariaman. (Foto : ANTARA/Ist).

Awalnya kita agak ragu apakah perbaikan bisa cepat,
Padang (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantu pembangunan kembali jembatan yang rusak di terjang bencana di Padang Pariaman, Sumatera Barat agar bisa dimanfaatkan sebagai salah satu jalan alternatif menuju lokasi pembukaan MTQ Nasional ke-28.

Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Rifai di Padang, Senin, mengatakan anggaran untuk pembangunan jembatan itu berupa transfer dana APBN melalui cadangan BNPN sudah dikirimkanke kas daerah.

"Kita berharap jembatan ini bisa dimanfaatkan untuk membantu kelancaran akses jalan menuju stadion utama tempat pembukaan MTQ ke-28," tambahnya.

Selain itu jembatan itu juga diharapkan bisa membantu perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan warga yang berada di sekitar lokasi yang pernah terdampak bencana tersebut.

Baca juga: BNPB cabut sanksi pemberian bantuan untuk Pasaman Barat

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengatakan jembatan itu memang menjadi salah satu titik perlintasan menuju stadion utama tempat pembukaan MTQ Nasional yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

"Awalnya kita agak ragu apakah perbaikan bisa cepat. Ternyata BNPB sudah menyiapkan anggaran dan bisa segera dibangun. Diperkirakan anggaran dibutuhkan Rp25 miliar," katanya.

Baca juga: Bantuan banjir, Menteri BUMN terus berkolaborasi dengan BNPB

Ia menyebut MTQ Nasional akan dilaksanakan pada 22 Agustus 2020, karena itu diharapkan proses tender bisa segera dilakukan sehingga bisa selesai tepat waktu.

Selain menyampaikan terima kasih atas bantuan tersebut, Nasrul juga berharap BNPB memberikan perhatian pada sejumlah daerah lain di Sumbar yang terkena bencana pada 2019 hingga awal 2020.

"Ada beberapa daerah yang terdampak bencana seperti Pasaman, Solok, Solsel, Limapuluh Kota, Pessel, Pasbar. Semoga jadi prioritas nasional juga," sebutnya.

Baca juga: BNPB serahkan bantuan dana siap pakai tangani banjir Solok Selatan

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tiga helikopter BNPB distribusikan bantuan bagi korban banjir Kalteng

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar