Kedokteran Unand kerja sama dengan tiga perguruan tinggi Malaysia

Kedokteran Unand kerja sama dengan tiga perguruan tinggi Malaysia

Delegasi Fakultas Kedokteran Unand pada kunjungan penjajakan kerja sama dengan tiga perguruan tinggi di Malaysia. (Antara/Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat menyepakati kerja sama dengan tiga perguruan tinggi Malaysia yaitu Universiti Sains Islam Malaysia, Institut Pendidikan Guru dan Universitas Kebangsaan Malaysia.

"Kerja sama meliputi pertukaran dosen, workshop pergantian kepakaran, kursus singkat, penelitian dosen, hingga kerja sama penanganan LGBT," kata Dekan Fakultas Kedokteran Unand Dr. dr. Rika Susanti, SpF di Padang, Senin.

Ia menyampaikan delegasi Fakultas Kedokteran Unand yang terdiri atas Wakil Dekan I Dr. dr. Efrida, SpPK (K), M. Kes, Kaprodi Psikologi Yantri Maputra, PhD, Sekretaris Prodi Psikologi Nila Anggreiny, M.Psi dan Kaprodi S1 kebidanan Yulizawati,M.Keb telah bertemu dengan pimpinan tiga perguruan tinggi tersebut.

Dalam pertemuan dengan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) dilaksanakan dengan Fakulti Kepimpinan dan Pengurusan diterima oleh Dr Mohamad Isa Amat, Dr. Roslee Ahmad (pakar konseling tentang Penyimpangan Seksual dan LGBT) dan Dr. Mohd. Khairul Anuar Rahimi (pakar pendidikan keluarga) dan Encik Muin Yahaya.

Adapun program yang disepakati dengan USIM yaitu pertukaran dosen dalam memberikan materi sesuai keahlian, koordinasi pendidikan, student mobility, koordinasi pendidikan, workshop untuk pergantian kepakaran, Kolaborasi pendidikan doctoral dengan falsafah doctoral.

"Kemudian kurikulum bersama tentang konseling keluarga dan kursus singkat hingga penanganan LGBT," kata dia.

Sementara pada pertemuan dengan Institut Pendidikan Guru (IPG) Raja Malewar Seremban Malaysia dilaksanakan dalam rangka kelanjutan program “mobility pendidikan global” .

Delegasi Universitas Andalas diterima oleh Puan Azlina Binti Ahmad dan Dr Nirwana binti Mohd Rashid beserta tim.

Kerja sama yang dilaksanakan meliputi student mobility, pertukaran dosen, mini seminar, Integrasi FOME 3 Prodi di IPG, penelitian dosen dan mahasiswa, penyusunan peta jalan kegiatan bersama, kerja sama dalam penanganan LGBT dan sebagai dosen tamu dari Unand pada semester II.

Sedangkan pertemuan dengan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) pada Fakultas Pendidikan yang disambut oleh Dr Muhamad Yusuf, Dr Sahlan Dr Syawal dan Puan Rumaya dengan kesepakatan kerja sama meliputi student mobility, pertukaran osen, penelitian bersama dan konferensi.

Kegiatan student mobility akan dilaksanakan sekitar 30 Maret hingga 20 April 2020.

Rika menambahkan dengan adanya pertukaran kepakaran dosen akan meningkatkan KPI Visiting scholar masing-masing pihak.

Pada kegiatan student mobility dan pertukaran dosen tersebut akan dilakukan pengumpulan data bersama untuk menghasilkan penelitian dan publikasi bersama dengan membuatkan hasil penelitian.

Sedangkan pihak UKM Dr Syawal menambahkan dengan adanya kegiatan ini maka pendidikan neuro sains education akan dapat diaplikasikan oleh semua pihak yang terlibat dalam kemajuan iptek.

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan komunitas karena ada penerapan psikologi biological, medical dan midwifery. Akan dibuatkan kelas khusus bagi mahasiswa dari Unand dengan 10 Orang peserta yang juga akan masuk ke kelas yang ada mahasiswa UK untuk dapat berinteraksi dengan mahasiswa yang ada di UKM.

Wakil Dekan I FK Unand Dr Efrida menyatakan bahwa kegiatan yang akan dilaksanakan ini merupakan salah satu aplikasi dalam pelaksanaan integrasi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kaprodi Psikologi FK Unand Yantri Maputra, PhD mengusulkan setelah empat kegiatan tersebut juga dilaksanakan workshop bersama yang melibatkan semua pihak. ***3***
Baca juga: Kemlu-Unand kerja sama terkait hukum internasional
Baca juga: Menhan optimistis kerja sama Indonesia-Malaysia semakin baik
Baca juga: Politeknik Ujung Pandang jajaki kerja sama dengan KPTM Malaysia

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar