BPS Papua optimistis target 5-10 persen sensus secara daring tercapai

BPS Papua optimistis target 5-10 persen sensus secara daring tercapai

Kepala BPS Provinsi Papua Simon Sapary menunjukkan aplikasi yang digunakan untuk melakukan sensus penduduk secara daring. ANTARA/Hendrina Dian Kandipi/am.

Jayapura (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua optimistis target sensus penduduk secara daring (online) sebesar lima sampai 10 persen dari jumlah penduduk di wilayah setempat per 31 Maret 2020 dapat tercapai.

Kepala BPS Provinsi Papua Simon Sapary di Jayapura, Senin, mengatakan jumlah penduduk Bumi Cenderawasih pada 29 kabupaten/kota sekitar empat juta jiwa sehingga dengan target yang diberikan oleh pusat yakni lima sampai 10 persen maka pihaknya optimistis dapat mencapai angka tersebut.

"Wilayah Papua hingga kini masih terkendala jaringan, selain itu medan yang sulit ditempuh juga membatasi, namun kami yakin target tersebut dapat tercapai," katanya.

Baca juga: Gubernur Banten dan Wagub Andika isi sensus secara online

Baca juga: BPS targetkan 44 persen warga Sumsel ikuti Sensus Penduduk Online

Baca juga: Kepala BPS: Ayo semua berpartisipasi, ikut sensus penduduk online


Menurut Simon, kendala jaringan ini bukan saja di wilayah pedalaman atau pegunungan, namun terkadang di perkotaan juga masih sulit diakses.

"Kami belum dapat memberikan data per Senin berapa banyak masyarakat yang sudah melakukan sensus penduduk secara daring melalui telepon pintarnya, namun antusias dan minat warga terbilang tinggi," ujarnya.

Dia menjelaskan hal ini nampak dari warga yang datang berduyun-duyun ke Halaman Kantor BPS Provinsi Papua untuk mendata diri sendiri maupun meminta petunjuk petugas bagaimana caranya melakukan sensus penduduk secara daring.

"Namun sensus penduduk daring ini masih akan berlangsung hingga 31 Maret 2020 sehingga kami yakin warga yang mengalami kendala ketika mencoba aplikasinya, dapat mengulang terus sampai berhasil," katanya lagi

Dia menambahkan pihaknya juga mengingatkan masyarakat, jika terkendala dalam proses sensus penduduk secara daring, maka dapat menunggu sensus penduduk manual pada Juli yang dilaksanakan oleh petugas BPS dari rumah ke rumah menggunakan metode wawancara.*

Baca juga: Puluhan keluarga Kota Pariaman sudah lakukan sensus daring BPS

Baca juga: Data sensus penduduk momentum lahirkan kebijakan untuk bonus demografi

Baca juga: Wagub ajak warga Jabar proaktif sekseskan Sensus Penduduk daring

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BPS targetkan 20 persen penduduk Sumbar ikuti sensus online

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar