Padang, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melakukan pemantauan kesiapan KPU Sumatera Barat dalam menerima pendaftaran dan penyerahan berkas dukungan calon perseorangan di Pilgub Sumbar 2020

Karo Hukum KPU RI Sigit Joyowardono di Padang, Selasa mengatakan KPU Sumbar sudah siap untuk melakukan semua tahapan, termasuk dalam menerima pendaftaran.

Ia meminta agar KPU Sumbar lebih waspada mengantisipasi kemungkinan lain jika paslon perseorangan diantar banyak pendukung karena kapasitas ruangan terbatas.

Menurut dia pasangan perseorangan akan datang membawa dokumen dalam jumlah banyak yakni lebih dari 300 ribu surat dukungan.

"Saya melihat KPU Sumbar sudah siap dengan semuanya, baik ruangan, kelengkapan dan personel," kata dia.

Selain itu secara kesiapan tahapan pendaftaran ini juga terus diawasi oleh komisioner.

"Aktifnya komisioner dalam menerima dan memonitoring pendaftaran, merupakan kunci sukses tahapan pendaftaran tersebut," kata dia

Sementara itu Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan, targetnya adalah sukses tahapan termasuk pendaftaran sampai pada penetapan besok.

"Target KPU Sumbar adalah sukses semua tahapan yang sehingga perlu ditingkatkan kewaspadaan agar pesta demokrasi ini lebih dinikmati semua pihak," kata dia.

Ketua Divisi Teknis KPU Sumbar Izwaryani, mengatakan sejauh ini belum ada pasangan calon yang datang ke Gedung Pramuka yang dijadikan lokasi pendaftaran.

Ia mengatakan pendaftaran dan penyerahan berkas calon perseorangan sudah dibuka sejak Minggu (16/2).

Menurut duia ada dua pasangan yang sudah mengambil password Silon namun baru satu pasang yang mengunggah data mereka dan satu pasang lagi belum.

"Pasangan Fakhrizal dan Genius Umar sudah mengonfirmasi akan datang Rabu (19/2) untuk mendaftarkan diri," kata dia.

Baca juga: Baru satu lembaga pemantau pemilu yang terdaftar di KPU Sumbar

Baca juga: KPU Sumbar: Serahkan bukti dukungan KTP di awal waktu

Baca juga: Aldi Taher datangi KPU Sumbar berkonsultasi pendaftaran Pilkada 2020

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020