Bupati bekali tentara Bogor motor trail untuk awasi Sungai Ciliwung

Bupati bekali tentara Bogor motor trail untuk awasi Sungai Ciliwung

Bupati Bogor, Ade Yasin bersama Komandan Korem 061/Suryakancana, Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya di Makodim 0621/Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Cibinong, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor, Ade Yasin mengaku akan menyiapkan 23 unit motor trail untuk digunakan anggota TNI dari Kodim 0621/Kabupaten Bogor untuk mengawasi lingkungan di sepanjang Sungai Ciliwung wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kendaraan operasional Danramil sebanyak 23 unit motor trail dalam rangka peningkatan pengamanan dan pengawalan kebersihan di sisi-sisi Sungai Ciliwung," ujarnya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (18/2).

Politisi partai berlambang Ka'bah itu menyebutkan, motor trail tersebut nantinya digunakan untuk menyusuri aliran sungai untuk mencegah masyarakat membuang sampah ke sungai.

"Itu masukan dari ketua DPRD Kabupaten Bogor, untuk menghidupi lagi Jumat Bersih (Jumsih). Jadi diharapkan, teman-teman TNI ikut mengawal kebersihan sungai," kata Ade Yasin.

Sementara, anggaran pengadaannya bersumber dari dana hibah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk Kodim 0621 pada tahun 2020 yang nilai keseluruhannya mencapai Rp19 miliar.

Selain untuk pengadaan motor trail, dana tersebut juga diperuntukkan bagi beberapa pembiayaan lain, seperti pemberian insentif untuk Babinsa senilai Rp750 ribu pertriwulan, dan untuk Danramil senilai Rp3 juta pertriwulan, serta penambahan lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yakni di Kecamatan Sukajaya dan Kecamatan Cigudeg.

Terpisah, Komandan Kodim 0621/ Kabupaten Bogor, Letnan Kolonel Inf Harry Eko Sutrisno mengatakan, usulan bupati itu, mengikuti langkah Korea Selatan yang melibatkan tentara untuk ikut mengawal kebersihan sungai.

“Di Korea, karena tidak ada perang terbuka, tentara ikut mengawasi sungai supaya tidak kotor. Mudah-mudahan bisa berjalan efektif. Nanti kendaraan itu disebar ke koramil-koramil,” tuturnya.

Baca juga: KKP tawarkan tiga inovasi riset wujudkan Citarum Harum

Baca juga: Dinas TPH Jabar fokus atasi lahan kritis di DAS Citarum

Baca juga: Mensos dan Gubernur Jabar hadiri penghijauan di DAS Citarum

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BNPB sebut longsor di Kabupaten Bogor seperti lelehan es krim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar